• May 29, 2024

Moms Waspada! Inilah 4 Tanda ASI Basi!

 Moms Waspada! Inilah 4 Tanda ASI Basi!

Waspada, Moms! Inilah 4 Tanda ASI Basi!

Memompa dan menyimpan ASI adalah salah satu cara terbaik Moms dapat menyediakan ASI untuk ‘si Kecil’ tanpa perlu menyusui secara langsung. Namun, parents perlu waspada karena ASI yang disimpan di lemari es pun dapat menjadi basi jauh lebih cepat dari yang diharapkan lho!

Jika dikonsumsi oleh bayi, ASI basi dapat menimbulkan berbagai macam masalah seperti mengganggu saluran pencernaan anak hingga diare atau muntah-muntah. Untuk menghindari masalah tersebut, yuk! Simak 4 tanda ASI basi!

ASI Menggumpal

Setelah disimpan untuk beberapa waktu, ASI biasanya terpisah menjadi dua bagian yaitu lapisan berlemak yang terlihat seperti krim, dan lapisan susu. Bagi ASI yang segar dan masih aman untuk dikonsumsi, kedua lapisan akan dapat menyatu dengan mudah saat diaduk dengan pelan. Jika kedua lapisan tidak menyatu atau malah membuat gumpalan saat diaduk, ini merupakan tanda bahwa ASI sudah basi dan tidak aman untuk dikonsumsi.

ASI Berbau Asam

Sama seperti susu sapi, salah satu tanda ASI basi adalah aroma yang amis atau asam. Moms & Dads perlu sering periksa aroma ASI sebelum diberi pada bayi. Jika aroma ASI menjadi lebih menyengat dan berbau seperti logam, sabun atau berbau asam, lebih baik untuk tidak diberi pada bayi ya!

tanda ASI basi

Baca Juga: Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi 0-6 Bulan!

Rasa ASI Basi

Selain melihat dan mencium ASI, Mama dan Papa juga harus mencicipinya setetes. ASI yang segar akan memiliki rasa manis dan ringan, sementara ASI yang sudah pasti basi akan terasa asam. Kami sarankan parents untuk selalu mencicipi ASI yang telah disimpan untuk beberapa hari sebelum memberinya pada bayi, ya!

ASI Disimpan Untuk Lebih Dari 3 Hari

Telah dinyatakan oleh beberapa ahli bahwa ASI hanya dapat bertahan sekitar 3-5 hari di lemari es, tergantung pada suhu dan lokasi menyimpan ASI tersebut. Karena itu, kami sarankan Mama dan Papa untuk selalu menyimpan ASI dalam wadah kecil dan beri label dengan tanggal pemerahannya agar dapat mengetahui ASI mana yang masih segar dan mana yang sudah disimpan untuk lebih dari 3 hari. 

Demikian, itulah 4 tanda ASI basi yang perlu Mama dan Papa ketahui! Pastikan untuk menyimpan ASI dengan benar agar bayi tidak mengalami kegangguan pencernaan dari mengonsumsi ASI yang basi ya, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri