• May 28, 2024

Parents, Hindari 5 Hal Ini Saat Melatih Bayi Berjalan!

 Parents, Hindari 5 Hal Ini Saat Melatih Bayi Berjalan!

Parents, Hindari 5 Hal Ini Saat Melatih Bayi Berjalan!

Semua orangtua pasti sangat menantikan momen ketika bayi mereka mengambil langkah pertamanya hingga mulai berjalan tanpa butuh bantuan. Mama dan Papa juga pasti ingin membantu stimulasi anak supaya dia dapat mulai berjalan dengan lebih cepat. 

Namun, Mama dan Papa harus waspada. Mengajar bayi berjalan secara terburu-buru sebelum mereka siap malah dapat berdampak negatif pada perkembangan anak lho!

Yuk! Simak 5 kesalahan yang harus dihindari Mama dan Papa ketika melatih bayi berjalan!

Penggunaan Baby Walker

Beberapa ahli telah menemukan bahwa alat bantu jalan, atau baby walker, itu sebenarnya berbahaya untuk bayi. Menggunakan baby walker bisa meningkatkan risiko anak jatuh atau terjungkal hingga terluka serius. Selain itu, baby walker juga dapat menyebabkan pola berjalan anak menjadi abnormal lho! 

Kami sarankan Mama dan Papa untuk hindari pemakain baby walker atau alat bantu jalan lainnya ketika melatih bayi berjalan ya, parents!

Melatih Bayi Berjalan Sebelum Siap

Secara alami, bayi akan mulai menunjukkan kemampuannya untuk berjalan tanpa bantuan pada usia 12 hingga 15 bulan. Namun beberapa bayi butuh lebih banyak waktu hingga baru bisa mulai berjalan pada usia 18 bulan, jadi Mama dan Papa tidak perlu terlalu khawatir dan memaksa anak belajar berjalan jika dia belum siap. Lebih baik untuk biarkan saja tahapannya berjalan dengan alami.

Jika Mama dan Papa mau bayi belajar berjalan dengan lebih cepat, cukup membantunya dengan memberi kakinya stimulasi dengan pijatan.

Baja Juga: Dijamin Buat Si Kecil Lincah, Ini Tips 4 Cara Melatih Bayi Berjalan!

melatih bayi berjalanMenggunakan Sepatu Atau Alas Kaki

Berjalan bertelanjang kaki dapat membantu ‘Si Kecil’ merasakan permukaan lantai yang mereka pijak dengan lebih baik. Ini tidak hanya membantu anak untuk meningkatkan rasa keseimbangan dan koordinasi tubuh mereka, tapi juga dapat mengembangkan postur yang benar yang mungkin tidak terjadi jika mereka menggunakan sepatu. Karena itu, lebih baik untuk hindari menggunakan alas kaki saat melatih bayi berjalan.

Meletakkan Bayi Di Kasur Saat Belajar Berjalan

Permukaan kasur itu jauh terlalu empuk dan mudah berubah-ubah dengan gerakan badan bayi. Ini membuat bayi susah untuk belajar mengembangkan koordinasi badan dan rasa keseimbangan mereka. Jika ingin bayi belajar berjalan dengan cepat, lebih baik untuk letakkan mereka di lantai saja ya, parents!

Menggenggam Tangan Bayi Saat Melatihnya Berjalan

Ketika mengajar bayi untuk berjalan, orangtua seringkali menggenggam kedua tangan bayi di atas kepala mereka sambil membantu bayi mengambil langkah. Namun, ketika Mama dan Papa menggenggam tangan bayi di atas kepalanya, anak tidak dapat belajar untuk menyeimbangkan dirinya sendiri dengan baik. Selain itu, menggenggam tangan mereka terlalu tinggi juga dapat menyebabkan bahu dan lengan anak cedera jika tidak hati-hati!

Demikian, itulah 5 kesalahan yang harus dihindari Mama dan Papa ketika melatih bayi berjalan! Semoga bermanfaat!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri