• May 28, 2024

Parents, Hindari Baby Walker Sebagai Alat Bantu Jalan Bayi! Ini Kenapa!

 Parents, Hindari Baby Walker Sebagai Alat Bantu Jalan Bayi! Ini Kenapa!

Parents, Hindari Baby Walker Sebagai Alat Bantu Jalan Bayi! Ini Kenapa!

Semua orangtua tentunya sangat menantikan momen ketika anak dapat berdiri dan berjalan secara sendiri. Karena itu, beberapa parents mungkin membeli alat bantu jalan bayi untuk mempercepat proses anak belajar untuk berjalan. Namun, ada beberapa alat bantu jalan yang perlu Moms & Dads waspadai. Beberapa alat bantu jalan seperti baby walker malah tidak disarankan oleh para ahli kesehatan anak loh, parents!

Yuk! Kenali alasan parents disarankan untuk hindari baby walker sebagai alat bantu jalan bayi!

Apa Itu Baby Walker?

Baby Walker merupakan salah satu macam alat bantu jalan bayi yang memiliki kursi gantung untuk menahan tubuh bayi bagian bawah, dilengkapi dengan meja kecil dan roda di bagian bawah yang bertujuan untuk membantu bayi berjalan. Pada umumnya, beberapa orangtua mulai menggunakan baby walker untuk melatih anak berjalan sekitar usia 5 hingga 15 bulan. 

Namun, menurut beberapa pakar keamanan dan kesehatan, parents sangat disarankan untuk hindari menggunakan alat bantu jalan bayi ini. Beberapa studi telah menemukan bahwa baby walker mempunyai lebih banyak dampak negatif dibandingkan positif bagi bayi.

Alasan Untuk Hindari Menggunakan Baby Walker

Anak Berisiko Terluka

Salah satu alasan utama parents disarankan untuk hindari menggunakan baby walker adalah karena alat bantu jalan bayi ini telah menyebabkan banyak kasus cedera. Bayi yang menggunakan baby walker dapat bergerak dengan cepat dan tidak terkendali, sehingga meningkatkan risiko menabrak benda-benda seperti sudut meja. Selain itu, bayi juga sangat berisiko jatuh tangga, sehingga mengalami cedera kepala, leher, bahkan patah tulang. 

Menghambat Kemampuan Anak Untuk Berjalan

Dengan menggunakan baby walker, bayi tidak membiasakan diri untuk menjejak kakinya pada lantai dengan benar. Karena itu, bayi yang sering menggunakan baby walker tidak belajar untuk menggunakan atau menguatkan otot-otot yang dibutuhkan untuk berjalan. Hal ini dapat menyulitkan bayi untuk berjalan dengan lancar, sehingga ia membutuhkan waktu lebih lama untuk berjalan dibandingkan anak lain.

Hindari Alat Bantu Jalan Bayi

Baca Juga: Waspada! 5 Hal Ini Menghambat Tumbuh Kembang Anak!

Membahayakan Perkembangan Bayi

Tidak hanya memperlambat kemampuan anak untuk berjalan, parents disarankan untuk hindari menggunakan alat bantu jalan bayi ini karena dapat membahayakan perkembangan bayi. Terlalu sering menggunakan baby walker dapat mempengaruhi koordinasi otot anak, serta keseimbangan tubuhnya.

Itulah beberapa alasan untuk hindari menggunakan baby walker sebagai alat bantu jalan bayi. Semoga informasi tersebut bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri