• May 28, 2024

Parents! Ini 4 Alasan Berat Badan Bayi Susah Naik!

 Parents! Ini 4 Alasan Berat Badan Bayi Susah Naik!

Parents! Ini 4 Alasan Berat Badan Bayi Susah Naik!

Setiap orang tua tentu menginginkan bayi mereka tumbuh sehat sehingga tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu hal terpenting untuk anak tumbuh kembang dengan baik adalah memastikan berat badannya naik sesuai dengan fase usia. Namun, beberapa bayi mungkin mengalami kesulitan dalam menaikkan berat badannya. Hal ini tentu akan membuat parents merasa khawatir dan cemas. 

Ada beberapa alasan berbeda yang dapat mengakibatkan berat badan bayi susah naik. Yuk, parents! Simak di artikel ini!

Bayi Jarang Menyusu

Salah satu alasan berat badan bayi susah naik adalah karena frekuensi anak menyusu kurang dari seharusnya atau durasi menyusunya terlalu singkat. Sehingga tidak mencukupi kebutuhan nutrisinya. Selama 6–8 minggu pertama kelahirannya, bayi akan butuh menyusu setiap dua hingga tiga jam. Dan pada usia 6 bulan, bayi akan butuh menyusu setiap empat hingga lima jam. Kami sarankan Mom & Dad untuk pastikan ‘si Kecil’ menyusu banyak dan sering selama mengonsumsi ASI eksklusif.

Masalah pada Pelekatan

Pelekatan yang tepat juga sangat penting untuk memastikan bayi dapat mengisap dan mengonsumsi ASI dengan baik. Parents harus pastikan bayi dalam posisi yang tepat saat menyusu, dengan sebagian besar areola masuk ke dalam mulut bayi dan dagunya menempel pada payudara Mom. Jika Moms masih tidak yakin kalau posisi dan pelekatan menyusu sudah tepat, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan ahli.

Berat Badan Bayi Susah Naik

Baca Juga: Alasan Bayi Sering Gumoh Dan Tips Mengatasinya!

Kebutuhan Nutrisi Meningkat

Dengan seiring waktu, kebutuhan nutrisi bayi akan meningkat. Karena itu, penting sekali untuk meningkatkan porsi makan atau minum anak untuk mencukupi kebutuhan kalorinya dan mendukung pertumbuhan mereka. Banyak parents akan melihat berat badan bayi mulai susah naik ketika mereka mulai mengonsumsi makanan padat. Karena itu, penting sekali untuk Moms & Dads tahu porsi MPASI yang dibutuhkan anak sesuai usianya.

Gangguan Pencernaan

Jika parents merasa sudah cukup memberi bayi makan tapi ia tetap susah naik berat badan, mungkin anak mengalami semacam gangguan pencernaan.Gangguan pencernaan seperti Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi dan pencernaan bayi, sehingga berat badannya sulit naik. Bayi yang mengalami GERD akan sering gumoh atau muntah setelah menyusu. 

Demikian, itulah 4 alasan berat badan bayi susah naik. Penting untuk diingat bahwa setiap bayi akan melalui proses tumbuh kembang yang berbeda-beda. Karena itu, beberapa bayi akan lebih lambat untuk naik berat badan daripada lain. Namun, jika parents khawatir dengan berat badan bayi yang tidak naik, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri