• May 27, 2024

Parents! Inilah Manfaat Tummy Time untuk Bayi!

 Parents! Inilah Manfaat Tummy Time untuk Bayi!

Parents! Inilah Manfaat Tummy Time untuk Bayi!

Tummy time merupakan aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan dengan bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Aktivitas ini tidak hanya menyenangkan untuk bayi tapi juga memiliki berbagai manfaat lain yang penting untuk perkembangannya.

Yuk parents, simak berbagai manfaat tummy time untuk bayi!

Melatih & Memperkuat Otot Bayi

Sering melakukan tummy time secara rutin dengan ‘si Kecil’ dapat membantunya melatih dan memperkuat otot-ototnya. Tummy time membantu anak meningkatkan kekuatan otot punggung, leher, bahu, bahkan perutnya. Semua ini akan membantu bayi dalam perkembangan motoriknya, sehingga akan mempermudahnya untuk belajar merangkak, duduk, dan berjalan.

Mencegah Plagiocephaly Atau Kepala Peyang

Bayi yang terlalu sering tiduran dengan posisi terlentang untuk waktu yang lama cenderung mengalami kelainan bernama Plagiocephaly atau flat head syndrome. Sindrom ini menyebabkan kepala bayi berbentuk datar atau peyang di bagian belakang. Karena itu, kami sarankan parents untuk sering ajak ‘si Kecil’ tummy time secara rutin, agar mencegah risiko kelainan bentuk kepala ini.

Meningkatkan Keterampilan Visual dan Sensorik

Salah satu manfaat tummy time untuk bayi adalah memungkinkan bayi untuk melihat dan menjelajahi lingkungannya dengan lebih bebas. Dengan sering melakukan tummy time, bayi akan belajar untuk mengangkat kepalanya dan melihat lingkungan di sekitarnya. Ini tidak hanya akan meningkatkan rasa ingin tahu anak, tapi juga akan membantu meningkatkan keterampilan visual dan sensoriknya.

Manfaat Tummy Time

Baca Juga: Manfaat Dan Bahaya Empeng Bayi Yang Perlu Parents Ketahui!

Membantu Mencegah Kolik

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa sering melakukan tummy time secara rutin dapat membantu mengurangi gejala kolik pada bayi. Moms & Dads disarankan untuk sering melakukan gerakan pijatan lembut pada tubuh bayi saat ia melakukan tummy time untuk membantu tubuhnya rileks dan membantu memperlancar pencernaan bayi. 

Demikian, itulah informasi seputar manfaat tummy time yang perlu parents ketahui! Dengan sering melakukan tummy time secara rutin dengan ‘si Kecil’, Moms & Dads dapat membantunya mengembangkan berbagai keterampilan dan menghindari komplikasi seperti Plagiocephaly. Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri