• May 29, 2024

Parents! Inilah Tips Mencegah Kepala Peyang Pada Bayi

 Parents! Inilah Tips Mencegah Kepala Peyang Pada Bayi

Parents! Inilah Tips Mencegah Kepala Peyang Pada Bayi

Tidak jarang untuk beberapa bayi mengalami kepala peyang. Hal ini terjadi karena tengkorak bayi masih sangat lunak, sehingga mudah berubah bentuk jika mengalami tekanan dalam jangka waktu lama. Namun, parents tidak perlu khawatir! Ada beberapa hal yang dapat parents lakukan untuk mencegah kepala peyang pada bayi! Yuk, simak di artikel ini!

Sering Mengganti Posisi Tidur

Cara pertama untuk mencegah kepala peyang pada bayi adalah dengan sering mengganti posisi tidur ‘si Kecil’! Menurut the American Academy of Pediatrics (AAP), tidur dalam posisi terlentang merupakan posisi tidur yang paling aman untuk bayi. Namun, parents dapat variasikan posisi kepala bayi saat dia tidur dengan memutarnya dari satu sisi ke sisi yang lain. Sering melakukan ini akan membantu mengurangi tekanan yang berlebihan pada satu sisi kepala dan mencegah terjadinya kepala peyang.

Sering Mengganti Posisi Menyusu

Selain posisi tidur, parents juga butuh perhatikan posisi tubuh dan kepala bayi saat ia menyusu. Pastikan bayi tidak terlalu sering menghadap satu sisi saat Moms menggendong dan menyusuinya. Kami sarankan parents untuk sering mengganti posisi menyusui dari sisi kanan ke sisi kiri dan sering berganti payudara saat menyusui untuk mencegah terjadinya tekanan berlebihan pada satu sisi kepala. Selain itu, sering mengganti posisi menyusu juga dapat membantu merangsang perkembangan otot leher dan tubuh bayi karena ia akan sering menggerakkan kepalanya saat ia mencari puting.

Mencegah Kepala Peyang Pada Bayi

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Cara Mudah Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi!

Memperbanyak Tummy Time

Tummy time merupakan aktivitas yang sangat membantu tumbuh kembang bayi. Dengan sering meletakkan bayi dalam posisi tengkurap secara rutin, parents tidak hanya membantu mengurangi tekanan pada bagian belakang kepala bayi dan mencegah kepala peyang, tapi juga membantu mengembangkan otot leher dan punggung bayi. Hal ini akan membantu bayi mengangkat kepalanya dan bergerak lebih aktif, sehingga dapat mulai belajar merangkak.

Demikian, itulah informasi seputar cara mencegah kepala peyang pada bayi. Semoga bermanfaat, parents! Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika parents merasa khawatir dengan bentuk kepala bayi Moms & Dads.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri