• May 27, 2024

Parents! Inilah Tips Mengatasi Jerawat Pada Kulit Bayi!

 Parents! Inilah Tips Mengatasi Jerawat Pada Kulit Bayi!

Parents! Inilah Tips Mengatasi Jerawat Pada Kulit Bayi!

Tidak jarang untuk bayi baru lahir atau bayi berusia 4 hingga 6 bulan untuk mengalami jerawat pada kulitnya. Meskipun begitu, tentunya banyak orangtua merasa khawatir ketika melihat anak mereka mengalami jerawat atau ‘baby acne’. Namun, tidak perlu khawatir parents! Berikut ini adalah beberapa tips cara mengatasi jerawat pada kulit bayi yang perlu diketahui!

Jaga Kebersihan Kulit Bayi

Langkah pertama untuk mengatasi jerawat pada kulit bayi adalah untuk pastikan Moms & Dads selalu menjaga kebersihan kulit ‘si Kecil’. Bersihkan kulit dan wajah anak dengan air hangat secara lembut saat memandikannya, dan pastikan untuk keringkanlah dengan handuk bersih. Parents juga disarankan untuk hindari menggosok wajah ‘si Kecil’ secara terlalu keras karena hal ini malah dapat membuat kulit bayi teriritasi dan terluka.

Hindari Penggunaan Produk Kulit yang Berlebihan

Penting untuk diingat bahwa kulit bayi masih sangat sensitif dan rentan terhadap banyak hal. Karena itu, parents butuh perhatikan produk yang dipakai untuk kulit ‘si Kecil’. Hindari menggunakan terlalu banyak produk atau losion, dan hindari menggunakan produk yang mengandung terlalu banyak minyak ataupun pewangi. Parents juga disarankan untuk hindari menggunakan losion pada kulit wajah ‘si Kecil’ karena ini dapat menghalangi pori-pori kulit. Lebih baik untuk hanya menggunakan pelembab untuk kulit wajah bayi ya, parents!

mengatasi jerawat pada kulit bayi

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Empeng Bayi Yang Perlu Parents Ketahui!

Hindari Memencet Jerawat

Berikut, hindari memencet jerawat atau menggosok kulit bayi secara keras ya, parents! Memencet atau menggosok jerawat pada kulit bayi malah dapat menyebabkan bakteri masuk ke dalam kulit Si Kecil, sehingga memperparah kondisi jerawatnya. Lebih baik untuk biarkan jerawat anak. Jika sedang memandikan bayi, pastikan untuk menggosok kulitnya secara lembut agar tidak menyebabkan kulitnya teriritasi.

Hindari Eksposur Terhadap Sinar Matahari

Cara berikut untuk mengatasi jerawat pada kulit bayi adalah dengan menghindari terlalu banyak eksposur terhadap sinar matahari. Hal ini malah dapat membuat kulit ‘si Kecil’ teriritasi dan memperburuk jerawatnya. Karena itu, kami sarankan parents untuk selalu melindungi kulit bayi dari sinar matahari dengan pakaian yang tepat jika berada di luar.

Demikian, itulah beberapa tips cara mengatasi jerawat pada kulit bayi. Semoga bermanfaat, parents! Jika Moms & Dads masih merasa khawatir dengan kondisi kulit anak, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri