• May 28, 2024

Parents Perhatikan! Inilah Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi!

 Parents Perhatikan! Inilah Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi!

Parents Perhatikan! Inilah Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi!

Pada usia 6-9 bulan, banyak bayi mulai tumbuh gigi, atau teething. Ini merupakan salah satu milestone penting dalam 1000 hari pertama kehidupan bayi dan tentunya membawa kegembiraan pada orang tua. Namun, perkembangan setiap anak tentu berbeda. Beberapa anak tumbuh gigi cepat, sementara beberapa anak lain baru mulai tumbuh gigi menjelang usia 12 bulan. Karena itu, penting sekali untuk Mom & Dad dapat mengenali tanda mulainya teething!

Yuk, parents! Simak ciri-ciri bayi tumbuh gigi di artikel ini!

Berliur Lebih Banyak

Salah satu tanda yang sering dilihat dengan bayi mulai tumbuh gigi adalah mulainya sering ngeces. Hingga saat ini, belum diketahui secara jelas alasan kenapa bayi yang tumbuh gigi sering produksi jauh lebih banyak air liur dari biasanya. Jika Mom & Dad lihat bahwa anak mulai mengeces banyak sehingga air liur mencapai dagu, pipi, dan baju ‘si Kecil,’ ini bisa jadi tanda bahwa anak mulai tumbuh gigi.

Rewel Serta Menangis

Proses tumbuh gigi tentu dapat menimbulkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan pada bayi. Karena ini, bayi yang tumbuh gigi pertamanya akan sering menjadi rewel serta menangis. Namun, tidak perlu khawatir parents, karena bayi akan lebih terbiasa dengan rasa sakit pada fase tumbuh gigi selanjutnya. Untuk membantu meredakan rasa nyeri yang dirasakan ‘si Kecil’ pada pertumbuhan gigi pertamanya, Mom & Dad bisa memberinya makanan lembut dan dingin seperti yogurt atau mainan teether.

Suka Menggigit

Ciri-ciri bayi tumbuh gigi berikut adalah anak mulai suka menggigit benda di sekitarnya. Ini karena proses tumbuh gigi membuat gusi anak terasa gatal. Sebab ini, bayi akan mulai menggigit banyak hal termasuk mainan, pakaian, jarinya sendiri, hingga puting susu Mama. Karena itu, kami sarankan Mom & Dad untuk menyiapkan teether agar bayi dapat menggigit dan meredakan rasa gatalnya dengan aman.

Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi

Baca Juga: 5 Makanan Penambah Berat Badan Bayi Usia 6 Bulan!

Gusi Membengkak

Terakhir, coba cek gusi ‘si Kecil.’ Jika gusinya bengkak dan lebih merah daripada biasanya, ini adalah tanda bahwa ia sudah mulai tumbuh gigi pertamanya. Terkadang, parents juga dapat melihat adanya gigi yang menonjol dari dalam gusi bayi. Untuk bantu meredakan rasa gatal atau nyeri yang dirasakan bayi saat tumbuh gigi, kami sarankan Mom & Dad untuk bantu beri pijatan pada gusinya secara perlahan dengan jari yang bersih.

Itulah ciri-ciri bayi tumbuh gigi yang perlu diketahui orang tua! Mom & Dad juga tidak perlu khawatir jika ‘si Kecil’ sedikit telat tumbuh gigi karena perkembangan dan pertumbuhan semua anak berbeda. 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri