• May 29, 2024

Parents Wajib Tahu! Bahayanya MPASI Sebelum 6 Bulan!

 Parents Wajib Tahu! Bahayanya MPASI Sebelum 6 Bulan!

Parents Wajib Tahu! Bahayanya MPASI Sebelum 6 Bulan!

Banyak ahli termasuk World Health Organization (WHO) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan parents untuk memperkenalkan bayi pada MPASI saat bayi berusia setidaknya 6 bulan. Sebelum usia ini, lebih baik untuk parents hindari memberi bayi makanan padat. Hal ini karena pada masa ini, organ pencernaan belum sempurna, sehingga memberikan MPASI sebelum ia siap dapat memperbahayakan ‘si Kecil’.

Yuk, parents, kenali bahayanya MPASI sebelum 6 bulan yang wajib diketahui!

Menyebabkan Masalah Pencernaan

Penting untuk parents ingat bahwa pada usia muda ini, sistem pencernaan bayi belum sempurna. Hal ini dapat menyebabkan bayi mengalami kesulitan mencerna makanan yang ditelan olehnya. Memberi bayi MPASI sebelum usia 6 bulan dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan termasuk perut kembung, diare, sembelit, muntah, dan lainnya. Mengonsumsi makanan ketika sistem pencernaannya belum sempurna juga dapat menyebabkan perut bayi merasa sakit, sehingga memicunya menjadi rewel.

Meningkatkan Risiko Bayi Tersedak

Salah satu bahayanya MPASI sebelum 6 bulan adalah meningkatkan risiko bayi tersedak. Bayi di bawah usia 6 bulan seringkali belum memiliki kemampuan untuk mengontrol lidahnya atau refleks menelannya dengan baik. Hal ini dapat meningkatkan risiko bayi tersedak, sehingga mengalami kesulitan bernapas saat ia coba menelan makanannya. 

Meningkatkan Risiko Alergi

Banyak penelitian juga menemukan bahwa bayi yang diperkenalkan pada makanan padat terlalu dini meningkatkan risiko bayi alergi terhadap berbagai makanan seperti kacang-kacangan atau telur. Hal ini terjadi karena sistem pencernaan dan sistem kekebalan bayi belum sempurna, sehingga tidak dapat mengembangkan kekebalan terhadap alergen potensial yang berada dalam berbagai makanan.

Bahayanya MPASI Sebelum 6 Bulan

Baca Juga: Perlukah Bayi Mandi Setiap Hari? Ini Faktanya

Menurunkan Minat Bayi Pada ASI

Terakhir, memperkenalkan ‘si Kecil’ pada makanan padat terlalu dini dapat membuat bayi lebih senang dan puas makan makanan padat, sehingga menurunkan minatnya untuk minum ASI. Hal ini merupakan masalah yang besar karena pada usia muda ini, ASI adalah sumber gizi utama bayi hingga mereka berusia setidaknya 6 bulan. Karena itu, memperkenalkan bayi pada MPASI terlalu dini dapat menyebabkan berbagai masalah pada tumbuh kembang anak.

Demikian, itulah bahayanya MPASI sebelum 6 bulan. Penting sekali untuk parents ketahui tanda-tanda bayi siap MPASI sebelum memberinya pada ‘si Kecil’ ya! Semoga bermanfaat, parents.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri