• May 27, 2024

Parents Wajib Tahu! Inilah 5 Cara Menenangkan Bayi Rewel!

 Parents Wajib Tahu! Inilah 5 Cara Menenangkan Bayi Rewel!

Parents Wajib Tahu! Inilah 5 Cara Menenangkan Bayi Rewel!

Inilah 5 Cara Menenangkan Bayi Rewel!

Parents pasti tahu betapa susahnya merawat bayi rewel. ‘Si Kecil’ mungkin menangis tanpa henti selama beberapa jam dan sulit ditenangkan. Rewel di malam hari sebetulnya cukup normal terjadi pada banyak bayi. Namun, kerewelan tidak boleh dibiarkan terlalu lama ya, parents!

Untuk membantu Mom & Dad, berikut ini adalah 5 cara menenangkan bayi rewel yang perlu parents ketahui!

Membedong Bayi

Salah satu cara paling efektif untuk menenangkan bayi rewel adalah dengan membedongnya. Dengan membungkus tubuh bayi dalam selimut, parents membantu ‘si Kecil’ merasa hangat dan nyaman. Selain itu, membedong juga membantu mengurangi refleks menggapai yang dapat membuat bayi rewel.

Memijat Bayi

Gunakan minyak bayi dan pijat tubuh bayi dengan gerakan melingkar secara perlahan. Pijatan pada kaki, tangan, dan punggung bayi bisa memberikan ‘si Kecil’ sensasi yang menenangkan dan dapat mengurangi ketegangan pada ototnya. Selain itu, memberi pijatan pada perut bayi juga dapat membantu mengeluarkan gas yang mungkin menyebabkan kerewelan anak.

Menggunakan Teknik “The Hold”

Teknik “The Hold” adalah metode yang diciptakan oleh Dr. Harvey Karp dari AS. Teknik ini melibatkan memegang bayi dengan meletakkan lengan parents di dada anak, lalu memegang pantatnya sebelum menggoyangkan badannya secara perlahan. Memegang bayi dalam posisi ini membantu meniru lingkungan rahim yang nyaman bagi bayi, sehingga dapat membantu menenangkan mereka.

Menenangkan Bayi Rewel

Baca Juga: Perlu Tahu! Inilah Jam Tidur Bayi Sesuai Usia

Menyetel Lagu atau White Noise

Kami sarankan parents untuk menyetel suara yang repetitif dan menenangkan. Bagi beberapa bayi, mereka mungkin menyukai suara white noise, suara vakuum, suara kipas, suara hujan, ataupun menyalakan musik. Mom & Dad juga dapat coba mengeluarkan suara “ssst”, bersiul, atau bernyanyi untuk menenangkan anak.

Mengurangi Stimulasi

Salah satu alasan bayi rewel dan menangis bisa jadi karena ia merasa overstimulated. Karena itu, coba kurangi stimulasi disekitarnya. Matikan lampu dan tutupkan gorden sehingga kamar menjadi gelap, dan coba mengurangi suara di sekitar rumah seperti mematikan TV. Pilihlah lingkungan yang tenang dan damai untuk membantu bayi merasa lebih nyaman sehingga dapat menenangkan diri.

Itulah 5 tips cara menenangkan bayi rewel. Ingat, setiap anak unik. Jadi jangan takut untuk coba beberapa teknik berbeda untuk menemukan cara yang paling efektif untuk bayi Mom & Dad!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri