• May 29, 2024

Parents Waspada! Ini Bahayanya Tidur Bersama Bayi

 Parents Waspada! Ini Bahayanya Tidur Bersama Bayi

Parents Waspada! Ini Bahayanya Tidur Bersama Bayi

Tidak jarang untuk beberapa orangtua tidur satu ranjang atau kasur dengan bayi mereka. Tidur bersama bayi diungkap dapat membantu memperkuat ikatan emosional atau bonding ‘si Kecil’ dengan Moms & Dads. Namun, parents perlu waspada. Kebiasaan ini sangat berbahaya untuk bayi dan dapat menimbulkan berbagai masalah atau risiko.

Yuk, Moms & Dads, kenali bahayanya tidur bersama bayi, serta tips untuk bayi tidur dengan aman di artikel ini.

Bahayanya Tidur Bersama Bayi

Meningkatkan Risiko SIDS: Salah satu alasan kenapa sangat berbahaya untuk tidur bersama bayi di kasur yang sama adalah karena hal ini meningkatkan risiko Sudden Infant Death Syndrome atau SIDS. Ini merupakan kematian yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan pada bayi yang sehat.

Potensi Bayi Tertindih: Banyak orangtua seringkali berguling dan menggerakkan tubuhnya saat tidur. Karena itu, ada risiko besar bahwa bayi tertindih oleh Moms atau Dads saat tidur.

Potensi Bayi Kesulitan Bernapas: Seringkali, orangtua pakai bantal dan selimut saat tidur. Namun, bayi tidak disarankan untuk tidur dengan selimut, bantal, ataupun mainan. Hal ini karena penggunaan bantal atau selimut berisiko menutup area mulut dan hidung bayi saat ia tidur, sehingga menyebabkannya kesulitan bernapas.

Bahayanya Tidur Bersama Bayi

Baca Juga: Bayi Susah Tidur Siang? Inilah Penyebab Dan Tips Mengatasinya!

Posisi Tidur Teraman untuk Bayi

Untuk menurunkan risiko SIDS atau masalah lain saat bayi tidur, lebih baik untuk menempatkan bayi di tempat tidurnya sendiri. Namun, jika parents memang perlu tidur satu kasur dengan bayi, kami sarankan untuk membuat tempat khusus untuk bayi tidur, terpisah dari Moms & Dads di kasur. Pastikan matrasnya keras, dan hindari menggunakan bantal, selimut, ataupun mainan disekitar ‘si Kecil’ saat ia tidur. Jika bayi masih kecil, kami juga sarankan Moms & Dads untuk membedongnya hingga ia berusia 3-4 bulan. Berikut, pastikan bayi selalu tidur dalam posisi telentang hingga ia berusia 1 tahun. Jika Moms & Dads melihat ia mutar atau berguling saat tidur, kami sarankan parents untuk posisikan ‘si Kecil’ kembali ke posisi telentang.

Demikian, itulah informasi lengkap seputar bahayanya tidur bersama bayi, serta tips cara memposisikan bayi dengan cara yang paling aman saat ia tidur. Jika Moms & Dads merasa khawatir atau ingin memastikan bahwa bayi tetap aman saat ia tidur, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anak!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri