• May 29, 2024

Parents Waspada! Inilah 4 Tanda Bayi Kekurangan ASI!

 Parents Waspada! Inilah 4 Tanda Bayi Kekurangan ASI!

Parents Waspada! Inilah 4 Tanda Bayi Kekurangan ASI!

ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi banyak bayi. Karena itu, penting sekali untuk anak mendapatkan cukup ASI supaya dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, saat menyusui sangat susah untuk mengukur jumlah ASI yang anak mengonsumsi dan ini sering membuat orang tua bingung dan mempertanyakan jika anak sudah mendapat ASI secukupnya. 

Tapi jangan khawatir, parents! Berikut ini adalah 4 tanda bayi kekurangan ASI yang perlu diketahui!

Berat Badan Tidak Naik

Pada 5 hari pertama sejak kelahirannya, wajar untuk bayi kehilangan sedikit berat badannya. Namun, pada hari ke-10, berat badan anak akan kembali seperti ke berat lahir. Setelah itu, berat badannya akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan usianya. Menurut para ahli, bayi diharapkan mengalami kenaikan berat badan 0.5 – 1 kilogram per bulan. Namun, jika anak tidak mengonsumsi cukup ASI, berat badan mereka tidak akan naik seperti ekspektasi dan bahkan dapat menurun.

Bayi Jarang Buang Air Kecil

Berikut, salah satu tanda bayi kekurangan ASI adalah kurangnya buang air kecil. Pada umumnya, bayi di atas usia 5 hari akan buang air kecil sekitar 6-8 kali per hari. Jika anak sudah berusia di atas 5 hari tapi buang air kecil kurang dari 6 kali dalam 24 jam, maka Mom & Dad perlu waspada karena ini dapat menandakan bahwa anak tidak menerima cukup ASI. Selain itu, parents juga perlu perhatikan kondisi popok anak. Bayi yang tidak mendapat cukup ASI akan memproduksi urin yang berwarna sangat kuning dan gelap.

Tanda Bayi Kekurangan ASI

Baca Juga: Moms! Inilah 5 Penyebab ASI Seret Dan Cara Mengatasinya!

Anak Gelisah Setelah Menyusui

Bayi yang tidak menerima cukup ASI akan sering gelisah dan rewel setelah selesai disusui. Ini karena mereka merasa tidak puas sehingga menangis dan meminta menyusu lagi. Selain itu, Mom & Dad juga perlu perhatikan level energi anak. Bayi yang tidak menerima cukup ASI akan sering terlihat lesu, lemas, dan enggan untuk bermain.

Mulut dan Mata Bayi Kering

Terakhir, Mom & Dad butuh perhatikan mata dan mulut anak. Jika terlihat kering, ini bisa jadi tanda anak dehidrasi akibat tidak mengonsumsi cukup cairan. Selain itu, parents butuh perhatikan tanda-tanda dehidrasi lain pada bayi termasuk kulit yang menguning, dan feses yang berwarna jauh lebih gelap daripada normal.

Itulah 4 tanda bayi kekurangan ASI. Jika parents melihat anak mengalami semua gejala tersebut, kami sarankan Moms & Dads untuk segera berkonsultasi dengan dokter. 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri