• May 27, 2024

Perkenalkan Bayi Pada 3 Makanan Ini Untuk Mengurangi Risiko Alergi!

 Perkenalkan Bayi Pada 3 Makanan Ini Untuk Mengurangi Risiko Alergi!

Perkenalkan Bayi Pada 3 Makanan Ini Untuk Mengurangi Risiko Alergi!

Menginjak usia 6 bulan, anak sudah mulai dapat makan makanan padat pertamanya. Namun, pada usia ini, parents masih disarankan untuk hati-hati dengan pemilihan makanan karena kemampuan ‘si Kecil’ untuk menelan masih belum sempurna. Selain itu, tubuh anak masih sangat rentan dan belum memiliki sistem imun yang cukup kuat untuk melawan berbagai bakteri yang mungkin ada dalam beberapa makanan. Karena itu, parents sering disarankan para ahli untuk hindari memberi anak berbagai makanan seperti madu sampai ‘si Kecil’ berusia 1 tahun. 

Meskipun itu, apakah Moms & Dads tahu, kalau ada beberapa makanan yang dulu dianggap berbahaya untuk bayi di bawah 1 tahun, namun sekarang dianjurkan untuk diberi pada anak? Yuk, simak apa saja makanan tersebut dan kenapa parents disarankan untuk memperkenalkan bayi padanya!

Perkenalkan Bayi Pada 3 Makanan Ini!

3 Makanan yang para ahli sarankan parents untuk memperkenalkan pada bayi adalah susu, telur, dan kacang-kacangan. Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association (JAMA) menemukan bahwa memperkenalkan bayi pada makanan seperti telur, susu, dan kacang-kacangan mampu mengurangi risiko alergi pada bayi saat tumbuh besar nanti. 

Hal ini justru bertolak belakang dari rekomendasi American Academy of Pediatrics pada tahun 2002 lalu yang menyarankan parents untuk tidak beri susu, telur, atau kacang-kacangan hingga anak berusia di atas satu tahun karena berpotensi memicu reaksi alergi.

Mengurangi Risiko Alergi Bayi

Baca Juga: Manfaat Dan Bahaya Empeng Bayi Yang Perlu Parents Ketahui!

Cara Tepat Untuk Memperkenalkan Bayi Pada 3 Makanan Ini

Penting untuk diingat bahwa walaupun aman dan disarankan untuk memperkenalkan bayi pada 3 makanan ini untuk mengurangi risiko alergi, ada beberapa hal yang perlu parents waspadai.

Pertama, pastikan untuk memasak telur sehingga matang sepenuhnya. Hindari memberi bayi telur yang setengah matang atau mentah karena dapat menyebabkan keracunan makanan atau indeksi lain. Untuk pemberian kacang-kacangan, pastikan untuk menghaluskan kacang supaya mudah untuk dimakan bayi. Hindari memberikan ‘si Kecil’ kacang-kacangan dalam bentuk utuh karena dapat meningkatkan risiko bayi tersedak. Kami juga sarankan parents untuk waspadai beberapa tanda-tanda anak mengalami alergi terhadap 3 makanan ini, seperti kulit merah dan gatal, dan perut kembung dan sakit.

Demikian, itulah informasi seputar 3 makanan yang dapat mengurangi risiko alergi pada bayi! Semoga bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri