• May 28, 2024

Perlu Tahu! Inilah Jam Tidur Bayi Sesuai Usia

 Perlu Tahu! Inilah Jam Tidur Bayi Sesuai Usia

Perlu Tahu! Inilah Jam Tidur Bayi Sesuai Usia

Tidur sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Beberapa studi telah menemukan bahwa bayi yang tidak mendapatkan waktu tidur cukup cenderung lebih banyak masalah kesehatan ketika masa sekolah. Karena itu, penting sekali untuk pastikan bahwa ‘si Kecil’ mendapatkan cukup tidur dan istirahat setiap hari.

Untuk membantu Mama dan Papa memastikannya, berikut ini adalah panduan jam tidur bayi sesuai dengan usianya!

Bayi Baru Lahir – 3 Bulan

Menurut para ahli, bayi baru lahir hingga usia 3 bulan butuh total jam tidur sekitar 14-17 jam sehari. Ini dapat dibagi jadi sekitar 8-9 jam di malam hari dan 8 jam tidur siang. Bayi baru lahir hingga 3 bulan juga akan sering terbangun dari tidurnya setiap 1-3 jam untuk menyusu. Pada beberapa minggu pertama kelahiran, anak akan menyusu sebanyak 10-12 kali sehari.

Jam Tidur Bayi

Baca Juga: Tips Cara Mengatur Pola Tidur Bayi Baru Lahir!

Bayi Berusia 4 – 6 Bulan

Pada usia 4 bulan, bayi akan mulai mempunyai pola tidur yang lebih teratur dari sebelumnya. Bayi umur 4 – 6 bulan disarankan untuk tidur total 15 jam sehari, namun dengan jam tidur yang lebih tertata. Anak akan dapat lebih banyak menghabiskan waktu di malam hari untuk tidur. 

Menurut ahli, kebanyakan bayi berusia 4 – 6 bulan sudah dapat tidur selama 6 – 8 jam tanpa terbangun atau hanya terbangun sekali di malam hari.

Bayi Berusia 6 – 12 Bulan

Pada usia ini, jam tidur bayi akan mulai terlihat lebih seperti jam tidur orang dewasa. Anak akan hanya butuh tidur total 14 jam. Mama dan Papa butuh jadwalkan bayi untuk siap tidur sekitar jam 8 malam supaya dapat tidur dengan nyenyak selama malam hari.

Itulah jam tidur bayi sesuai usia! Bagaimana, Mama dan Papa? Pola tidur anak sudah sesuai belum? Ingat bahwa tidur itu sangat penting agar anak dapat bertumbuh dan berkembang secara baik, jadi Mama dan Papa butuh pastikan bahwa ‘si Kecil’ sudah mencukupi kebutuhan istirahatnya, ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri