• May 29, 2024

Perlukah Bayi Baru Lahir Pakai Sarung Tangan?

 Perlukah Bayi Baru Lahir Pakai Sarung Tangan?

Perlukah Bayi Baru Lahir Pakai Sarung Tangan?

Sarung tangan merupakan salah satu perlengkapan bayi yang masih sering diperdebatkan tentang kebutuhan dan manfaatnya. Pada umumnya, sarung tangan membantu melindungi bayi dari meluka dan mencakaran muka atau tubuh mereka sendiri. Namun sebenarnya, perlukah bayi baru lahir pakai sarung tangan? Yuk, Moms & Dads! Simak informasi lengkapnya di artikel ini!

Manfaat Sarung Tangan Bagi Bayi Baru Lahir

Sarung tangan mempunyai berbagai manfaat untuk bayi, terutama bayi baru lahir yang masih belum dapat kontrol tangan atau jarinya dengan baik. Pada usia muda ini, bayi seringkali memiliki kuku yang panjang dan tajam. Karena itu, sarung tangan membantu mencegah bayi terluka akibat menggaruk atau mencakar dirinya. Selain itu, sarung tangan juga dapat membantu mencegah bayi menjambak atau memukul dirinya saat ia tidur.

Alasan Bayi Tidak Perlu Sering Pakai Sarung Tangan

Namun, meskipun memiliki beberapa manfaat, banyak ahli dan dokter anak tidak menyarankan parents untuk sering memakaikan sarung tangan pada ‘si Kecil’. Berikut merupakan beberapa alasan kenapa:

Sarung Tangan Menghalangi Indra Peraba Bayi: Pada usia muda ini, bayi butuh sering menyentuh dan bereksplorasi menggunakan tangan mereka. Terlalu sering menggunakan sarung tangan dapat menghalangi indra peraba bayi dan menyebabkan bayi kurang stimulasi.

Parents Sulit Mengetahui Kapan Bayi Lapar: Bayi baru lahir sering berkomunikasi dengan parents menggunakan bahasa tubuhnya. Salah satu cara ia dapat beri tahu Moms & Dads bahwa ia merasa lapar atau kesal adalah dengan mengepal tangannya atau menghisap jarinya. Ini tidak dapat dilakukan jika tangan ‘si Kecil’ dihalangi oleh sarung tangan.

Perlukah Bayi Pakai Sarung Tangan

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Jadi, Perlukah Bayi Pakai Sarung Tangan?

Banyak ahli ungkap bahwa bayi sebenarnya tidak begitu perlu memakai sarung tangan. Parents cukup butuh sering menggunting kukunya secara rutin agar ia tidak mencakar dirinya. Namun, jika ‘si Kecil’ sering menjambak atau memukul dirinya saat tidur, maka para ahli menyarankan parents untuk memakaikan sarung tangan pada bayi ketika ia tidur. Meskipun itu, penting untuk parents hindari terlalu sering memakaikan sarung tangan pada ‘si Kecil’, terutama ketika ia sedang bangun dan sedang bermain atau menyusu. 

Demikian, itulah informasi seputar pertanyaan perlukah bayi baru lahir pakai sarung tangan! Semoga bermanfaat, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri