• May 27, 2024

Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

 Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Sama seperti dewasa, cegukan merupakan kondisi yang cukup umum terjadi pada banyak bayi. Biasanya, cegukan tidak menandakan masalah serius pada kesehatan ‘si Kecil’, jadi parents tidak perlu terlalu khawatir. Namun tentunya, cegukan dapat membuat beberapa bayi rewel serta merasa tidak nyaman.

Berikut ini adalah beberapa tips cara mengatasi cegukan pada bayi yang perlu Moms & Dads ketahui!

Bantu Bayi Bersendawa

Salah satu cara mengatasi cegukan pada bayi adalah dengan membantunya bersendawa. Jika ‘si Kecil’ mulai cegukan saat menyusu, berhenti menyusuinya untuk sementara, lalu tepuk punggungnya supaya membantu mengeluarkan udara yang terjebak di perutnya yang sering menjadi pemicu utama cegukan. Moms & Dads dapat menyendawakan ‘si Kecil’ dalam posisi tegak dengan mendudukannya di pangku, ataupun dengan menempatkan mereka di bahu Moms & Dads.

Ganti Posisi Tubuh Bayi

Parents juga disarankan untuk ganti posisi tubuh bayi jika ia mulai mengalami cegukan. Cobalah mengangkat ‘si Kecil’ ke posisi duduk atau tegak, atau memiringkan tubuh bayi sedikit kedepan. Mengganti posisi tubuh bayi dapat membantu mengurangi tekanan pada diafragma, sehingga menghentikan cegukannya.

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Membedong Bayi Yang Perlu Diketahui!

Mengusap Punggungnya

Sama seperti cegukan tidak menyakiti kita, cegukan juga tidak menyakiti bayi. Karena itu, kadang hal terbaik yang dapat parents lakukan adalah untuk menunggu hingga cegukan ‘si Kecil’ hilang secara sendiri. Jika bayi rewel dan merasa tidak nyaman akibat cegukan, cukup memeluk bayi dan menepuk atau mengusap punggungnya secara perlahan.

Memijat Perut Bayi

Berikut, parents juga dapat coba untuk memijat perut bayi secara lembut. Hal ini akan dapat membantu menekan dan mengeluarkan gas yang ada di dalam tubuh ‘si Kecil’ yang seringkali menjadi pemicu cegukan. Coba pijat perut bayi dengan gerakan melingkar searah jarum jam, mulai dari atas sekitar pusar dan ke bawah.

Demikian, itulah beberapa tips cara mengatasi cegukan pada bayi. Ingat bahwa cegukan tidak merupakan hal yang berbahaya pada bayi, jadi parents tidak perlu khawatir. Kondisi ini biasanya akan hilang secara sendiri seiring waktu.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri