• May 28, 2024

Tanda Intoleransi Laktosa Pada Bayi Yang Perlu Diketahui!

 Tanda Intoleransi Laktosa Pada Bayi Yang Perlu Diketahui!

Tanda Intoleransi Laktosa Pada Bayi Yang Perlu Diketahui!

Bagi semua bayi, minum susu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan membantu pertumbuhan mereka. Tapi jika anak Mama dan Papa sering sakit perut hingga diare setelah minum susu formula ataupun ASI, ini bisa jadi pertanda bahwa bayi mengalami intoleransi laktosa loh, parents!

Intoleransi Laktosa terjadi ketika bayi tidak dapat mencerna laktosa sepenuhnya, dan laktosa merupakan gula alami yang ditemukan dalam susu dan ASI. Karena itu, sangat penting untuk Mama dan Papa kenali gejala intoleransi laktosa pada bayi supaya tahu jika butuh memberi ‘si Kecil’ susu alternatif yang lebih aman untuk dikonsumsi!

Yuk! Simak 4 tanda intoleransi laktosa pada bayi!

Diare

Bayi dan anak-anak dengan intoleransi laktosa akan seringkali mengalami diare setelah menyusu. Ini terjadi karena adanya laktosa yang tidak dapat dicerna di dalam tubuh bayi, yang menyebabkan peningkatan volume air di usus besar. Sehingga tinja bayi berubah menjadi jauh lebih lunak atau cair daripada biasanya. Jadi kami sarankan Mama dan Papa untuk sering cek popok anak setelah menyusu ya, parents!

Sakit Perut & Kembung

Berikut, intoleransi laktosa pada bayi juga dapat menyebabkan peningkatan gas dalam usus anak sehingga bayi menjadi kembung dan merasa kesakitan di area perut. Untuk cek jika perut bayi kembung, Mama dan Papa dapat sentuh dan meraba perut ‘si Kecil’ setelah ia menyusu. Perut yang kembung akan terlihat jauh lebih besar daripada biasanya dan akan terasa keras saat disentuh.

Intoleransi Laktosa Pada Bayi

Baca Juga: 5 Rekomendasi Merek Susu Bebas Laktosa Untuk Bayi!

Kolik

Karena ketidaknyamanan yang dirasakannya setelah minum susu, bayi dengan intoleransi laktosa akan mulai rewel dan menangis tanpa henti sekitar 30 menit hingga 2 jam setelah mengonsumsi susu. Selain menangis tanpa henti, Mama dan Papa juga dapat lihat beberapa tanda lain bahwa bayi merasa tidak nyaman dan stres dari postor tubuhnya. Seperti bayi mengepalkan tangannya, melengkungkan punggungnya, dan menendang kaki.

Mual dan Muntah

Muntah setelah menyusu cukup umum terjadi pada banyak bayi baru lahir. Namun, jika bayi masih sering muntah setelah menyusu ketika dia sudah berusia di atas 1 bulan, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ya, parents. Karena ini bisa jadi salah satu gejala intoleransi laktosa.

Demikian, itulah 4 tanda intoleransi laktosa pada bayi! Jika anak Mama dan Papa mengalami semua gejala tersebut, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan anak!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri