• May 28, 2024

Tanda Separation Anxiety Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya!

 Tanda Separation Anxiety Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya!

Tanda Separation Anxiety Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya!

Separation Anxiety Disorder atau gangguan kecemasan berpisah merupakan hal yang sangat sering terjadi pada bayi dan anak muda. Gangguan ini menimbulkan rasa khawatir dan panik pada anak saat jauh dari rumah atau pisah dari orang tua. Anak yang mengalami separation anxiety bahkan menangis histeris jika tidak melihat Mama atau Papanya untuk waktu yang singkat.

Walaupun merasa cemas saat berpisah dengan orang tua adalah hal yang normal pada bayi, parents perlu waspada supaya separation anxiety tidak semakin parah. Yuk! Simak tanda separation anxiety pada bayi dan tips cara mengatasinya!

Bayi Menangis Ketika Orang Tua Tidak Dalam Pandangan Mata

Salah satu tanda utama separation anxiety pada bayi adalah ketika mereka mulai menangis atau menjadi gelisah dan rewel ketika orang tua pergi dari pandangan mereka. Anak dengan separation anxiety akan panik dan menangis histeris ketika ditinggalkan sendiri ataupun ditinggalkan dengan orang lain seperti anggota keluarga lainnya.

Berperilaku Ekstrim Saat Berpisah

Seringkali, bayi dengan separation anxiety juga akan berperilaku ekstrim ketika berpisah dengan orang tua. Mereka tidak hanya menangis secara berlebihan, tapi juga akan berontak dan mulai menendang kaki dan tangan sehingga mengakibatkan keributan kecil. Ini dilakukannya untuk menunjukkan ketidaknyamanan yang ia merasa untuk berpisah dengan Mom & Dad.

Separation Anxiety Pada Bayi

Baca Juga: 5 Alasan Bayi Susah Tidur Di Malam Hari!

Tidak Tidur Nyenyak

Masalah separation anxiety juga sering memicu masalah pada pola tidur anak. Bayi dengan separation anxiety akan mengalami kesulitan tidur nyenyak dan sering terbangun dari tidur menangis mencari orang tua. Mereka juga akan mengalami kesulitan ketika harus tidur terpisah dengan orangtuanya.

Takut Kepada Orang Asing

Terakhir, bayi dengan separation anxiety akan merasa takut terhadap orang asing atau orang yang ia tidak rasa dekat. Tidak hanya malu, anak yang mengalami separation anxiety sering merasa tegang, tidak nyaman, hingga panik ketika bertemu dengan orang asing.

Cara Mengatasi Separation Anxiety Pada Bayi:

Pada umumnya, separation anxiety pada bayi adalah hal yang umum dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun, ada beberapa hal yang dapat parents lakukan untuk membantu mengatasi rasa kecemasan dan ketidaknyamanan bayi saat perlu berpisah.

  • Buat Ritual Perpisahan Yang Singkat: Saat butuh berpisah dengan anak, pamit dengan cepat. Kami sarankan parents untuk buat sebuah rutinitas yang cepat dan sederhana, seperti mencium pipi anak dua kali, atau memberi pelukan cepat sebelum pergi.
  • Berikan Objek Untuk Mengalihkan Perhatiannya: Berikan anak semacam benda yang disayanginya untuk mengalihkan perhatiannya dan bantu menenangkannya selama terpisah dengan Mom & Dad. Benda ini bisa mainan maupun selimut kesukaannya.
  • Hindari Pergi Secara Diam-Diam: Berpisah secara diam-diam akan membuat rasa kecemasan anak malah menjadi semakin parah. Jadi kami sarankan parents untuk selalu berpamit sebelum berpisah. 

Itulah beberapa tanda separation anxiety pada bayi dan tips cara mengatasinya. Penting untuk diingat bahwa merasa cemas saat butuh berpisah dengan orang tua adalah hal yang normal pada banyak bayi. Namun, dengan memberikan dukungan, kenyamanan, dan kesabaran, Moms & Dads dapat membantu bayi mengatasinya. 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri