• May 28, 2024

Tips Cara Memberi ASI Eksklusif Dengan Tepat!

 Tips Cara Memberi ASI Eksklusif Dengan Tepat!

Tips Cara Memberi ASI Eksklusif Dengan Tepat!

Selama 6 bulan pertamanya, bayi membutuhkan ASI eksklusif untuk mencukupi kebutuhan nutrisi mereka agar dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Karena itu, penting sekali untuk Moms mengetahui cara menyusui yang benar demi kenyamanan Moms dan ‘Si Kecil.’

Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk membantu Moms ketahui cara memberi ASI eksklusif dengan tepat!

Praktikkan Posisi Menyusui yang Nyaman

Pastikan posisi Moms & ‘si Kecil’ saat menyusui sudah tepat dan nyaman. Posisi menyusu yang benar akan memastikan bahwa anak dapat mengonsumsi cukup ASI. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan parents untuk pastikan bahwa bayi sudah menyusu dengan posisi yang tepat:

  • Pastikan posisi muka bayi menghadap ke tubuh ibu
  • Perut atau dada bayi menempel pada perut atau dada ibu
  • Kepala bayi berposisi sedikit di atas badannya
  • Sebagian besar areola Ibu masuk ke dalam mulut bayi

Mengganti Sisi Payudara

Salah satu cara memberi ASI eksklusif dengan tepat adalah dengan memastikan bahwa Moms sering mengganti sisi payudara saat menyusui anak. Dengan menawarkan ‘si Kecil’ kedua sisi payudara secara bergantian, ini akan membantu merangsang produksi ASI secara merata di kedua payudara dan bantu mencegah masalah ASI seret.

Cara Memberi ASI Eksklusif

Baca Juga: Moms! Inilah Tips Cara Memperbanyak ASI!

Sering Memompa ASI

Selain memberikan ASI secara langsung kepada bayi, penting juga untuk Moms sering memompa ASI. Ini tidak hanya membantu meningkatkan produksi ASI, tapi juga akan menyediakan parents dengan ASI yang siap diberi pada anak jika tidak dapat menyusui langsung. 

Perhatikan Pola Menyusu Bayi

Setiap bayi akan memiliki pola menyusu yang berbeda. Jadi penting sekali untuk parents perhatikan pola menyusu bayi dan berikan ASI sesuai kebutuhan dan permintaannya. Dengan perhatikan pola menyusu ‘si Kecil,’ parents akan dapat mengenali tanda-tanda lapar dan memberi anak ASI sebelum ia mulai menangis.

Demikian, itulah beberapa tips cara memberi ASI eksklusif dengan tepat! Memberikan anak ASI eksklusif memang adalah perjalanan yang memerlukan komitmen dan kesabaran. Namun, semoga tips tersebut membantu!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri