• May 28, 2024

Tips Cara Memberikan ASI Eksklusif Yang Tepat!

 Tips Cara Memberikan ASI Eksklusif Yang Tepat!

Tips Cara Memberikan ASI Eksklusif Yang Tepat!

Memberi ‘si Kecil’ ASI eksklusif sangat penting selama enam bulan pertama kehidupannya. ASI mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang tidak bisa didapatkan dari susu formula.

Namun, bagi Mama baru mungkin membingungkan cara menyusui anak dengan tepat. Tapi jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa tips cara memberikan ASI eksklusif yang tepat!

Pastikan Tangan Mama Bersih

Pada enam bulan pertama, sistem imun tubuh bayi masih sangat rentan sehingga mudah tertular penyakit. Karena itu, sangat penting untuk pastikan bahwa tangan Mama bersih dengan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelum mulai menyusui ‘si Kecil.’ Selain tangan, Mama juga perlu pastikan bahwa puting Mama bersih dengan membersihkannya dengan air hangat.

Cara Memberikan ASI Eksklusif

Baca Juga: Waspada, Moms! Inilah 4 Ciri-Ciri ASI Basi!

Posisi Menyusui Yang Tepat

Kami sarankan Mama untuk duduk dan posisikan diri supaya Mama dan bayi nyaman selama manyusui. Letakkan anak supaya perutnya menempel dengan area perut Mama dan biarkan bayi yang menyandar ke tubuh Mama. Ketika mulai menyusui, Mama juga mungkin butuh menahan payudara untuk membantu memandu mulut bayi mengarah ke puting.

Hindari memegang bagian belakang kepala bayi. Anak butuh dapat memiringkan kepalanya secara sendiri agar puting Mama menyentuh langit-langit mulutnya untuk menyedot dengan baik.

Pastikan Bayi Sudah ‘Latch On’ Dengan Benar

Tips terakhir cara memberikan ASI eksklusif dengan tepat adalah untuk memastikan bahwa bayi sudah “latch on” pada puting Mama dengan benar. Jika ASI lancar, dagu bawah bayi akan naik turun ketika dia mulai mengisap.

Jika Mama mengalami kesulitan, posisikan bayi supaya hidungnya sejajar dengan puting Mama daripada mulutnya. Ini akan mendorong bayi untuk membuka mulutnya lebih lebar sehingga sebagian besar dari payudara Mama masuk ke dalam mulutnya dan membantunya untuk menyedot dengan cara yang lebih tepat.

Bagaimana Mama? Itulah tips cara memberikan ASI eksklusif yang tepat! Semoga membantu!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri