• May 29, 2024

Tips Cara Mengatur Pola Tidur Bayi Baru Lahir!

 Tips Cara Mengatur Pola Tidur Bayi Baru Lahir!

Tips Cara Mengatur Pola Tidur Bayi Baru Lahir!

Moms & Dads merasa lelah dan kurang tidur karena ‘si Kecil’ sering terbangun dan menangis di tengah malam? Faktanya adalah bayi newborn atau bayi baru lahir pada dasarnya belum memiliki siklus tidur yang sempurna. Namun, tidak perlu khawatir! Ketika bayi berusia beberapa minggu, Moms & Dads dapat membantu bayi untuk memiliki pola tidur yang lebih teratur.

Berikut adalah beberapa tips cara mengatur pola tidur bayi baru lahir!

Hindari Menyusui Dekat Jam Tidur Malam

Hindari menyusui bayi mendekati waktu tidur malam. Memberinya terlalu banyak susu sebelum tidur justru dapat membuat perutnya kembung hingga anak kesulitan untuk tidur dan sering terbangun di tengah malam. Kami sarankan untuk menyusui anak setidaknya 30 menit sebelum jam waktu tidur dan jangan biasakan ‘si Kecil’ ketiduran sambil menyusu.

cara mengatur pola tidur bayi

Baca Juga: Parents Waspada! Ini Bahayanya Tidur Bersama Bayi

Kenalkan Perbedaan Antara Siang Dan Malam

Supaya bayi tidak sering terbangun di tengah malam, bantu memperkenalkannya dengan perbedaan antara siang dan malam. Untuk melakukan ini, Moms & Dads perlu pastikan bahwa di bayi tetap aktif dan bersenang-senang di siang hari. Selain itu, salah satu cara memperkenalkan perbedaan antara siang dan malam adalah untuk tidak mematikan lampu atau menggelapkan kamar saat bayi tidur siang. Ini akan membantu badan bayi mengenali bahwa siang hari selalu terang sementara malam hari selalu gelap dan waktu untuk tidur.

Patuhi Jadwal Tidur

Salah satu cara mengatur pola tidur bayi baru lahir yang terbaik adalah untuk selalu disiplin pada jadwal tidur malam yang parents telah tentukan. Jangan sampai bayi tertidur lebih telat dari biasanya karena terlalu asik bermain. Kami sarankan Moms & Dads untuk selalu mengikuti jadwal tidur bayi dengan konsisten.

Kenali Ciri-Ciri Bayi Lelah

Perhatikan muka dan badan bayi dan coba untuk kenali tanda-tanda bahwa bayi sudah mulai lelah. Lebih baik untuk tidak menunggu sampai bayi terlalu lelah dan rewel untuk menidurkannya karena akan jadi lebih sulit untuk bayi tertidur.

Beberapa tanda bahwa bayi sudah mulai lelah adalah:

  • Menguap
  • Menggosok mata
  • Memandang jauh
  • Mata dan Alisnya mulai menjadi merah

Demikian, Itulah tips cara mengatur pola tidur bayi! Penting untuk diingat bahwa bagi bayi baru lahir, pola tidurnya akan sering mengalami perubahan, jadi tetaplah sabar dan konsisten ya, Moms & Dads! Semoga tips tersebut membantu!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri