• May 29, 2024

Tips Cara Mengatur Tidur Siang Bayi Dengan Tepat!

 Tips Cara Mengatur Tidur Siang Bayi Dengan Tepat!

Tips Cara Mengatur Tidur Siang Bayi Dengan Tepat!

Untuk dapat tumbuh kembang secara optimal, bayi butuh mencukupi kebutuhan istirahat mereka. Karena itu, selain tidur malam, tidur siang juga merupakan kebutuhan penting bagi bayi. Namun, tidak selalu mudah untuk orangtua, terutama parents baru untuk mengatur tidur siang bayi secara efektif. 

Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah beberapa tips cara mengatur tidur siang bayi dengan tepat!

Membuat Rutinitas Tidur Siang yang Konsisten

Cara pertama untuk mengatur tidur siang bayi adalah dengan menciptakan jadwal dan rutinitas yang konsisten. Tentukan waktu tidur siang yang sama setiap hari agar bayi terbiasa dengan rutinitas, sehingga menjadi lebih mudah untuk ‘si Kecil’ tertidur di siang hari. Kami juga sarankan parents untuk membuat sebuah rutinitas atau ritual sebelum waktu tidur siang yang dapat menenangkan dan membuat bayi merasa nyaman dan mengantuk. Contohnya, Moms & Dads dapat memandikan anak dengan air hangat atau membacakan buku padanya sebelum waktu tidur siang agar ia merasa rileks dan nyaman. Ini akan membantu ‘si Kecil’ lebih mudah tertidur.

Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Penting juga untuk parents ciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan tenang untuk ‘si Kecil’. Matikan lampu dan menyalakan white noise seperti suara kipas untuk meredupkan suara di sekitar rumah. Pastikan juga bahwa suhu ruangan cukup nyaman agar bayi tidak merasa terlalu panas atau dingin selama dia tidur. 

mengatur tidur siang bayi

Baca Juga: Mengenal White Noise dan Manfaatnya untuk Bayi

Kenali Tanda Bayi Mengantuk

Cara berikut untuk mengatur tidur siang bayi adalah untuk perhatikan dan mengenali tanda-tanda bayi mengantuk. Ini merupakan kunci untuk memastikan bahwa bayi dapat mencukupi kebutuhan istirahatnya di siang hari. Beberapa tanda umum bahwa bayi mulai merasa lelah dan mengantuk adalah ketika ia mulai menguap, menggosok mata, menjadi rewel, dan jika area sekitar mata dan alisnya mulai tampak merah. Ketika Moms & Dads melihat beberapa tanda tersebut, kami sarankan untuk segera menidurkan bayi untuk tidur siang. Hindari menunggu hingga bayi kelelahan karena bayi yang terlalu lelah atau overtired justru akan mengalami kesulitan tidur dengan cepat.

Itulah beberapa tips cara mengatur tidur siang bayi dengan tepat! Ingat bahwa tidur siang merupakan hal yang sangat penting untuk bayi mencukupi kebutuhan istirahat mereka, jadi hindari sengaja menunda waktu tidur siangnya ya, parents.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri