• May 28, 2024

Tips Cara Mengompres Bayi Demam Dengan Tepat!

 Tips Cara Mengompres Bayi Demam Dengan Tepat!

Tips Cara Mengompres Bayi Demam Dengan Tepat!

Saat bayi mengalami demam, tentunya semua orangtua ingin mencari berbagai cara untuk menurunkan suhu badan anak agar ia cepat pulih. Salah satu cara paling efektif untuk menurunkan demam bayi adalah dengan mengompres tubuhnya.

Namun sayangnya, masih banyak parents yang belum yakin dengan cara mengompres bayi demam dengan tepat. Untuk membantu Moms & Dads, simak informasi seputar tips mengompres anak di artikel ini!

Kompres Dengan Air Hangat

Penting sekali untuk hindari menggunakan air dingin saat mengompres bayi demam. Mengompres tubuh ‘si Kecil’ dengan kompres dingin saat ia demam justru dapat membuat tubuhnya merasa dingin dan menggigil, sehingga akan semakin meningkatkan suhu tubuhnya. Karena itu, kami sarankan parents untuk selalu pakai air hangat untuk menurunkan suhu tubuh anak. Menurut para ahli, suhu air yang paling baik untuk mengompres anak demam biasa adalah sekitar 27-34 derajat Celsius. 

Taruh Kompres di Lipatan Tubuh Bayi

Secara umum, parents disarankan untuk mengompres anak di area lipatan tubuhnya saat ia demam. Ini termasuk ketiak, siku, leher, paha, serta area selangkangan. Ini karena kulit pada semua area tersebut lebih tipis dibandingkan area lain di tubuh. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk tubuh bayi untuk mengenal bahwa suhu tubuh sedang hangat, sehingga akan mendorong penurunan suhu tubuh. Selain meletakkan kompres pada area kulit bayi, Moms & Dads juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak dengan memandikan atau merendamkan anak dalam air hangat untuk beberapa menit.

Mengompres Bayi Demam

Baca Juga: 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Di Bawah 1 Tahun!

Hindari Kompres Sekali Pakai

Saat mengompres bayi demam adalah untuk hindari menggunakan kompres sekali pakai, terutama untuk bayi yang masih di bawah usia 2 tahun. Ini karena pada usia dini, kulit bayi masih jauh terlalu sensitif. Selain itu, kompres sekali pakai hanya dapat mengompres sebagian kecil permukaan tubuh. Karena itu, lebih baik untuk parents menggunakan kain yang telah dibasahkan dengan air hangat untuk mengompres tubuh anak.

Itulah tips seputar cara mengompres bayi demam dengan tepat! Semoga membantu, parents! Jika bayi mengalami demam untuk lebih dari 4 hari, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri