• May 27, 2024

Tips Membedong Bayi Dengan Tepat Dan Aman!

 Tips Membedong Bayi Dengan Tepat Dan Aman!

Tips Membedong Bayi Dengan Tepat Dan Aman!

Membedong bayi masih menjadi tradisi yang dilakukan oleh banyak orang tua, tidak hanya di Indonesia tapi di banyak negara lain. Hal ini karena membedong bayi diketahui memiliki beberapa manfaat seperti dapat menenangkan bayi dan membuat mereka merasa lebih nyaman, sehingga mempermudah mereka untuk tertidur.

Namun, penting juga untuk parents menerapkan cara bedong bayi yang benar. Membedong bayi dengan cara yang salah malah dapat memiliki beberapa risiko dan dapat membahayakan bayi. Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah beberapa tips membedong bayi dengan tepat dan aman!

Tips Membedong Bayi

Berikut adalah langkah-langkah dan hal yang perlu parents ketahui untuk membedong bayi dengan tepat dan aman:

Gunakan Kain yang Sesuai: Pastikan untuk menggunakan kain atau selimut yang lembut dan tidak terlalu tebal, untuk menghindari risiko bayi merasa terlalu panas saat dibedong.

Ketahui Teknik yang Benar: Ada beberapa teknik berbeda untuk membedong bayi. Namun, pastikan bayi dibungkus dengan kedua tangan dan kakinya di dalam kain. Pastikan juga Moms & Dads tidak membedongnya secara terlalu ketat sehingga bayi tidak dapat bergerak sama sekali, ataupun terlalu longgar sehingga tangan bayi dapat keluar dari bedongnya.

Pastikan Bayi Nyaman: Saat membedong bayi, pastikan bahwa kepala dan leher bayi masih berada di atas kain sehingga dapat menggerakan kepala mereka dengan mudah dan nyaman.

Tips Membedong Bayi

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Membedong Bayi Yang Perlu Diketahui!

Perhatikan Hal Ini Saat Membedong Bayi

Hindari Membedong Bayi Terlalu Lama: Banyak ahli menyarankan parents untuk hanya membedong bayi ketika waktunya tidur. Jika ‘si Kecil’ sudah bangun, lebih baik untuk parents biarkannya bereksplorasi dengan tangan dan tubuhnya. 

Hindari Membedong Bayi Jika Ia Mulai Berguling: Tips membedong bayi berikut adalah ketika ‘si Kecil’ sudah mulai dapat belajar berguling tubuhnya, lebih baik untuk parents berhenti membedongnya saat waktunya tidur.

Pastikan Bayi Tidak Sulit Bernapas: Pastikan kain selalu berada di bawah muka dan mulut bayi saat ia dibedong agar mencegah risiko bayi sulit bernapas saat tidur.

Demikian, itulah beberapa tips membedong bayi dengan tepat dan aman. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan membantu, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri