• May 28, 2024

Tips Merawat Bayi Baru Lahir Yang Perlu Parents Ketahui!

 Tips Merawat Bayi Baru Lahir Yang Perlu Parents Ketahui!

Tips Merawat Bayi Baru Lahir Yang Perlu Parents Ketahui!

Kelahiran anak merupakan momen yang tidak hanya mendatangkan kebahagiaan tetapi juga mungkin kekhawatiran bagi orang tua baru. Tidak jarang untuk parents baru merasa bingung dalam cara merawat bayi baru lahir dengan tepat. Cara merawat bayi baru lahir memerlukan banyak perhatian, ketelatenan, dan pengetahuan.

Karena itu, untuk membantu Moms & Dads baru, berikut ini adalah beberapa tips merawat bayi baru lahir yang perlu diketahui!

Ketahui Jam Tidur Bayi

Seringkali, bayi baru lahir belum memiliki jadwal tidur yang teratur. Karena ini, mereka akan sering terbangun di tengah malam, dan akan tidur secara lebih sering tetapi dalam durasi yang lebih pendek daripada orang dewasa. Menurut Kids Health, bayi baru lahir membutuhkan waktu tidur sekitar 14 hingga 19 jam setiap hari. Pastikan ‘si Kecil’ mencukupi kebutuhan istirahatnya dengan kenali pola tidur anak dan jangan ragu untuk membangunkannya ketika waktunya untuk menyusu.

Merawat Tali Pusar Bayi

Pada umumnya, tali pusar bayi baru lahir hanya akan kering dan terlepas secara sendiri pada usia 1 minggu. Namun, penting untuk parents ketahui cara untuk merawat tali pusar bayi baru lahir dengan baik. Pastikan tali pusar selalu kering dan hindari menyentuh tali pusar agar tidak terjadi pendarahan atau infeksi. Kami juga sarankan Moms & Dads untuk memilih pakaian yang longgar, ringan, dan mudah menyerap keringat agar tidak menyebabkan tali pusar anak teriritasi.

Pentingnya Skin to Skin

Kontak kulit atau skin to skin kontak antara bayi dan orang tua memiliki banyak manfaat. Karena itu, kami sarankan Moms & Dads untuk sering melakukan skin to skin dengan ‘si Kecil’. Selain membantu menciptakan momen bonding yang kuat untuk anak dan parents, skin to skin juga dapat membantu menenangkan anak dan mempermudah proses menyusu, terutama untuk untuk bayi baru lahir.

Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Baca Juga: 5 Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Di Malam Hari!

Cara Memandikan Si Kecil

Tips berikut untuk merawat bayi baru lahir adalah untuk memandikannya secara hati-hati. Menurut para ahli, bayi baru lahir tidak perlu dimandikan setiap hari, cukup 3-4 kali dalam seminggu. Memandikan bayi baru lahir secara terlalu sering dapat mengakibatkan kulit bayi menjadi kering dan sensitif. 

Demikian, itulah beberapa tips merawat bayi baru lahir yang perlu diketahui! Semoga membantu, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri