• May 28, 2024

Usia Berapa Anak Mulai Berbicara Serta Tips Melatihnya!

 Usia Berapa Anak Mulai Berbicara Serta Tips Melatihnya!

Usia Berapa Anak Mulai Berbicara Serta Tips Melatihnya!

Semua orangtua pasti menantikan momen ketika anak mereka dapat berbicara dan mengucapkan kata pertamanya. Namun, setiap anak berkembang dengan cara dan kecepatannya masing-masing. Jadi, kapan umur ideal anak sudah mulai bisa bicara?

Yuk, parents! Simak informasi lengkap seputar perkembangan bahasa bayi, usia berapa anak mulai berbicara, dan tanda-tanda speech delay yang perlu diwaspadai!

Usia Anak Mulai Bicara

Pada umumnya, anak akan mulai menunjukkan kemampuan berbicara pada usia sekitar 4 hingga 6 bulan. Pada tahap awal, anak akan mulai dengan mengeluarkan suara-suara babbling, seperti “ma-ma” atau “pa-pa.” Namun, pada usia muda ini, anak tidak akan mengerti sepenuhnya arti dibelakang kata yang diucapkan. Lalu, pada usia 7 hingga 9 bulan, bayi akan mulai mengerti mengerti nama-nama orang dan benda, dan juga konsep kata dasar seperti “iya,” dan “tidak.” Bayi biasanya akan mulai mengucapkan kata pertamanya yang berarti sekitar usia 10 hingga 18 bulan. Pada usia 15 bulan ‘si Kecil’ akan bisa mengucapkan 3-6 kata dengan arti, dan pada usia 18 bulan kosa kata anak biasanya mencapai sekitar 5 hingga 50 kata.

Waspadai Tanda Speech Delay

Setiap anak bertumbuh dan berkembang dengan kecepatannya masing-masing, karena itu setiap anak pasti akan dapat mulai berbicara pada usia berbeda. Namun, ada beberapa tanda yang butuh parents waspadai yang dapat menjadi pertanda bahwa anak mengalami speech delay, atau keterlambatan bicara. Jika pada usia 18 bulan anak tidak dapat mengucapkan lebih dari 6 kata dan mengalami kesulitan untuk menyerap kata-kata baru, maka ini bisa jadi pertanda bahwa anak mengalami speech delay. Tidak hanya kekurangan kemampuan bahasa, bayi yang mengalami speech delay juga akan mengalami kesulitan untuk melakukan kontak mata, dan tidak akan merespon saat namanya dipanggil.

Usia Anak Berbicara

Baca Juga: 5 Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Di Malam Hari!

Tips Agar Bayi Cepat Berbicara

Ada beberapa hal yang parents dapat melakukan untuk membantu mendorong bayi mulai bicara lebih cepat. Pertama, pastikan Mom & Dad sering berbicara padanya, walaupun ia tidak selalu mengerti apa yang dikatakan. Kami sarankan Mom & Dad untuk sering bacakan buku cerita padanya agar anak dapat belajar lebih banyak kosa kata dengan cepat. Parents juga butuh responsif terhadap usaha anak untuk mulai bicara. Jika anak mencoba mengucapkan atau meniru kata-kata, berikan dia banyak pujian dan perhatian.

Demikian, itulah informasi seputar usia bayi mulai bicara, tanda-tanda speech delay yang perlu diwaspadai, dan tips untuk mendorong anak mulai berbicara dengan lebih cepat. Ingat bahwa perkembangan setiap anak berbeda, jadi jangan terlalu khawatir jika anak butuh sedikit lebih banyak waktu untuk mulai bicara ya, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri