• May 28, 2024

Usia Berapa Bayi Bisa Mulai Merangkak?

 Usia Berapa Bayi Bisa Mulai Merangkak?

Usia Berapa Bayi Bisa Mulai Merangkak?

Bagi parents yang baru pertama kali memiliki anak, pasti muncul pertanyaan-pertanyaan mengenai tonggak perkembangan penting bagi bayi, “Kapan seharusnya bayiku bisa mulai merangkak?”

Untuk membantu Moms & Dads menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah informasi lengkap mengenai usia bayi dapat mulai merangkak!

Usia Berapa Bayi Mulai Merangkak?

Sebelum bisa merangkak, bayi butuh pertama belajar untuk duduk dan mengangkat kepalanya secara sendiri dulu. Kedua kemampuan ini biasanya dipelajari oleh bayi sekitar usia 4 – 6 bulan. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bayi akan baru mulai belajar untuk merangkak saat memasuki usia 7 hingga 10 bulan. Namun, penting untuk parents ketahui bahwa setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Karena itu, beberapa anak akan membutuhkan sedikit lebih banyak waktu untuk belajar merangkak dengan baik. Bahkan, tidak semua bayi melalui fase merangkak. Beberapa bayi tidak belajar untuk merangkak dengan efektif, namun dapat langsung belajar berjalan dengan cepat.

Berbagai Macam Gaya Merangkak

Penting juga untuk parents ketahui bahwa tidak semua bayi belajar untuk merangkak dengan cara yang sama. Beberapa anak bahkan belajar untuk merangkak dengan posisi atau gaya yang unik. Menurut para ahli, parents tidak perlu khawatir jika anak memiliki gaya merangkak yang unik, karena hal ini wajar dilakukan selama menjadi upaya anak untuk bergerak. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), ada 6 gaya bayi merangkak yang perlu parents kenali, yaitu: Classic Crawl, Bear Crawl, Bottom Scoot, Battle Crawl, Rolling, dan Crab Crawl!

Usia Bayi Mulai Merangkak

Baca Juga: Kapan Bayi Bisa Duduk Sendiri? Ini Jawabannya!

Tips Stimulasi Bayi Agar Cepat Merangkak:

  • Perbanyak Tummy Time: Sering ajak anak untuk melakukan tummy time dan bermain sambil tengkurap. Aktivitas ini dapat membantu memperkuat otot-otot tubuh anak yang akan mendukung kemampuannya untuk merangkak.
  • Pancing Anak Dengan Mainan: Coba pancing anak dengan mainan kesukaannya atau dengan memanggil namanya. Ini akan memberi anak motivasi untuk mulai menggerakkan tubuhnya dan merangkak.
  • Dukungan dan Pujian: Berikan anak banyak pujian dan dukungan saat ia menunjukkan ketertarikan untuk bergerak dan merangkak. Ini akan memberi bayi motivasi untuk lebih sering merangkak.

Itulah informasi seputar usia bayi mulai merangkak dan tips cara stimulasi anak agar ia cepat belajar merangkak! Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri