• May 28, 2024

Usia Berapa Boleh Mulai Melatih Bayi Berjalan?

 Usia Berapa Boleh Mulai Melatih Bayi Berjalan?

Usia Berapa Boleh Mulai Melatih Bayi Berjalan?

Berjalan merupakan salah satu tonggak pencapaian bayi yang sangat dinantikan setiap orangtua. Karena itu, beberapa parents mungkin merasa tidak sabar untuk melatih anak agar ia dapat berdiri dan berjalan dengan cepat. Namun, penting sekali untuk orangtua mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mulai melatih bayi berjalan. Memaksa anak untuk berjalan sebelum waktunya dapat memiliki dampak yang negatif terhadap perkembangan anak, loh!

Yuk, parents! Simak informasi seputar usia tepat untuk mulai melatih bayi berjalan!

Usia Berapa Boleh Mulai Melatih Bayi Berjalan?

Pada umumnya, banyak bayi akan mulai menunjukkan minat untuk belajar berjalan antara usia 9 hingga 12 bulan. Proses anak belajar untuk berjalan akan mulai dengannya belajar untuk berdiri terlebih dulu. Banyak bayi akan belajar mulai berdiri sendiri sambil memegang benda di sekitarnya pada usia 9 bulan. Ketika bayi sudah dapat berdiri dengan sendiri, Moms & Dads dapat membantu anak untuk membuat langkah pertamanya dan melatihnya untuk mulai berjalan. Namun, penting sekali untuk parents ingat bahwa setiap anak memiliki proses perkembangan yang berbeda. Beberapa anak mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk mulai berdiri dan belajar berjalan. Bahkan, beberapa anak butuh waktu hingga usia 18 bulan untuk dapat berjalan dengan lancar.

Tips Melatih Bayi Berjalan:

  • Sering bantu si Kecil Berdiri: Parents dapat membantu mulai melatih bayi berjalan dengan membiasakannya berdiri dan menginjak kedua telapak kakinya pada lantai. Moms & Dads dapat melakukan ini dengan memegang anak supaya ia dalam posisi berdiri, atau membantu anak berpegangan pada benda yang kokoh seperti sofa saat ia belajar berdiri.
  • Hindari Menggunakan Sepatu: Biarkan bayi berjalan di dalam rumah tanpa memakai sepatu atau alas kaki lainnya. Ini akan membantu keseimbangan anak.
  • Pancing Anak Dengan Mainan: Saat anak dapat berdiri secara sendiri, pancing anak untuk mulai berjalan dengan menggunakan mainan atau benda kesukaannya untuk menarik perhatiannya

Mulai Melatih Bayi Berjalan

Baca Juga: Tips Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak!

Bahaya Melatih Bayi Berjalan Sebelum Siap:

Ada beberapa hal yang perlu parents waspadai dan hindari saat melatih bayi berjalan. Salah satunya adalah melatih bayi berjalan dengan alat bantu seperti baby walker sebelum ia siap. Hal ini meningkatkan risiko bayi jatuh dan cedera. Ini karena otot-otot bayi belum cukup kuat dan ia masih belum memiliki keseimbangan yang baik, sehingga cenderung berjinjit dan berisiko jatuh. Selain itu, memaksa anak belajar berjalan dengan alat bantu sebelum ia siap juga dapat mengakibatkan terjadinya kelainan pola berjalan yang akan sulit dikoreksi kelak kemudian hari. Karena itu, kami sarankan parents untuk jangan terburu-buru dalam mulai melatih bayi berjalan.

Itulah informasi seputar kapan parents boleh mulai melatih bayi berjalan! Ingat bahwa setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda, jadi tidak perlu terlalu khawatir jika anak Moms & Dads membutuhkan sedikit lebih banyak waktu untuk belajar berjalan. Namun, jika bayi sudah di atas usia 18 bulan dan masih belum dapat melakukan langkah pertamanya, kami sarankan Moms & Dads untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri