• May 29, 2024

Wajib Tahu! Alasan ASI Lebih Baik Daripada Susu Formula!

 Wajib Tahu! Alasan ASI Lebih Baik Daripada Susu Formula!

Wajib Tahu! Alasan ASI Lebih Baik Daripada Susu Formula!

Sebenarnya lebih baik untuk beri bayi ASI atau susu formula sih? Hal ini masih menjadi perdebatan besar antara banyak orangtua. 

Sebenarnya, tidak salah untuk memberi anak minum susu formula. Susu formula mengandung kombinasi gula, lemak, protein kompleks, dan berbagai macam vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun ASI mengandung beberapa komposisi lain yang bagus untuk bayi yang tidak bisa didapatkan dari minum susu formula.

Yuk, supaya Moms lebih bersemangat untuk menyusui ‘Si Kecil’, ini 5 alasan ASI lebih baik daripada susu formula!

Melindungi Anak Dari Infeksi & Penyakit

ASI dalam tubuh Moms memiliki antibodi dan faktor pembasmi kuman lainnya yang dapat membantu badan anak menjadi lebih kuat terhadap bakteri dan virus. Karena itu, bayi yang diberi ASI berisiko lebih kecil untuk terserang penyakit seperti infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, infeksi pencernaan, diare, dan lainnya. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa bayi yang diberi Ibu ASI berisiko lebih rendah untuk mengalami obesitas dan diabetes tipe 2 dibanding bayi yang diberi susu formula.

Mengandung Lebih Banyak Nutrisi

Salah satu alasan ASI lebih baik daripada susu formula adalah karena ASI mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf bayi. Kandungan ASI seperti laktosa dan protein, serta lemak, juga jauh lebih mudah diserap oleh pencernaan bayi daripada susu formula. Walaupun susu formula memastikan bahwa mereka mengandung semua nutrisi yang diperlukan bayi, faktanya susu formula tidak dapat menyamai nutrisi ASI karena ASI adalah zat hidup yang hanya dapat dibuat dalam badan ibu.

Mengurangi Risiko Alergi

Selain mengurangi risiko infeksi dan penyakit, menurut riset pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama dapat mencegah risiko alergi pada bayi lho! Supaya bayi tetap sehat dan tidak mengalami masalah akibat alergi, lebih baik untuk memberinya ASI daripada susu formula.

Membuat Anak Pintar

Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa para bayi yang diberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama memiliki IQ yang sedikit lebih tinggi dibandingkan bayi yang diberi susu formula. Selain itu, aksi menyusui ASI pada anak secara langsung dapat meningkatkan hubungan emosional antara Moms dan bayi.

Alasan ASI Lebih Baik

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Manfaat ASI Selain Diminum Bayi!

Gratis Dan Mudah

Terakhir, alasan ASI lebih baik daripada susu formula adalah ASI gratis dan Moms tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Ini sangat membantu dalam menghemat pengeluaran bulanan Mama dan Papa. Selain gratis dan lebih mudah, memberi bayi ASI juga jauh lebih praktis daripada memberinya susu formula. Mama tidak perlu mencuci botol atau menghangatkan susu jika bayi lapar di malam hari.

Demikian, itulah beberapa alasan ASI lebih baik daripada susu formula! Semoga informasi tersebut bermanfaat, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri