• May 29, 2024

Wajib Tahu! Ini 4 Manfaat Baby Led Weaning!

 Wajib Tahu! Ini 4 Manfaat Baby Led Weaning!

Wajib Tahu! Ini 4 Manfaat Baby Led Weaning!

Baby Led Weaning (BLW) merupakan sebuah metode yang digunakan untuk memperkenalkan bayi pada MPASI. Metode ini melibatkan memperkenalkan makanan padat kepada bayi secara langsung, tanpa harus melewati tahap puree, menghaluskan makanan terlebih dahulu, ataupun menyuapi makanan pada anak. Berbeda dengan metode tradisional, di mana makanan bayi dihaluskan menjadi tekstur yang lebih lembut, BLW memungkinkan bayi untuk menggigit, mengunyah, dan mencoba berbagai jenis makanan secara sendiri. 

Yuk, Moms & Dads, kenali beberapa manfaat baby led weaning di artikel ini!

Mengembangkan Sensorik & Motorik Anak

Dalam metode BLW, bayi diberikan makanan padat yang dapat mereka pegang, cium, gigit, dan bereksplorasi sendiri. Hal ini membantu merangsang dan melatih keterampilan sensorik dan motorik halus mereka. Bayi akan belajar cara memegang makanannya, menggunakan tangan dan jarinya sendiri untuk makan, dan belajar berbagai tekstur dan rasa makanan. Metode BLW ini juga membantu bayi belajar untuk mengendalikan gerakan lidah dan mulut mereka untuk makan dengan lebih cepat dibandingkan memberi MPASI dengan cara tradisional.

Mengembangkan Kebiasaan Makan Yang Sehat

Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa metode baby led weaning dapat membantu anak mengembangkan kebiasaan makan yang sehat seiring waktu. Hal ini terjadi karena BLW membolehkan bayi untuk bereksplorasi dan makan dengan cara dan waktu mereka sendiri. Ini membantu anak lebih mengerti ketika mereka merasa lapar dan kenyang, dan membuat anak cenderung lebih terbuka terhadap mencoba berbagai jenis makanan berbeda. Karena itu, beberapa penelitian menemukan bahwa metode BLW membantu menurunkan risiko bayi mengalami obesitas ketika ia balita.

Manfaat Baby Led Weaning

Baca Juga: Hindari 5 Makanan Ini Untuk MPASI Pertama Bayi!

Membantu Mencegah Picky Eating

Salah satu manfaat Baby Led Weaning adalah mendorong variasi dalam diet ‘si Kecil’ dan mengekspos bayi pada berbagai rasa dan tekstur dari usia muda. Hal ini membantu agar mereka lebih terbiasa dengan berbagai rasa dan tekstur makanan, sehingga mengurangi kemungkinan picky eating atau pilih-pilih makanan di masa depan. Bayi yang diberi metode BLW cenderung lebih tertarik menerima dan mencoba berbagai makanan baru ketika mereka balita.

Meningkatkan Kesadaran dan Hubungan dengan Makanan

Melalui BLW, bayi diperkenalkan pada makanan dengan cara yang membantu dalam mengembangkan kesadaran dan pengertian mereka tentang makanan. Bayi tidak hanya mengerti berbagai jenis makanan, tapi juga akan lebih mengerti berbagai tekstur, suhu, dan rasa. Hal ini dapat mengembangkan rasa ingin tahu tentang makanan, sehingga membangun hubungan yang sehat dengan makanan sejak dini. Ini merupakan dasar penting bagi pola makan yang sehat di masa depan anak. 

Demikian, itulah 4 manfaat Baby Led Weaning yang perlu parents ketahui! Ingat bahwa walaupun metode ini memiliki banyak manfaat, ada juga beberapa hal yang perlu parents waspadai jika ingin menerapkan metode pemberian MPASI ini. Pastikan untuk siapkan makanan yang mudah untuk dimakan oleh anak dan tidak memiliki risiko besar untuk bayi tersedak. 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri