• May 28, 2024

Wajib Tahu! Ini 5 Tips Tummy Time Untuk Bayi!

 Wajib Tahu! Ini 5 Tips Tummy Time Untuk Bayi!

Wajib Tahu! Ini 5 Tips Tummy Time Untuk Bayi!

Tentunya banyak orang tua pasti pernah dengar mengenai pentingnya bayi melakukan Tummy Time sejak dini. Aktivitas ini tidak hanya membantu anak melatih otot-ototnya, namun juga dapat menjadi salah satu cara bayi dapat berinteraksi dengan dunia di sekitarnya. 

Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah informasi seputar Tummy Time yang perlu parents ketahui, serta tips tummy time untuk bayi!

Apa itu Tummy Time Serta Manfaatnya

Tummy Time merupakan aktivitas dimana bayi diletakkan dalam posisi bertumpu pada perutnya atau tengkurap. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), Tummy Time dapat dilakukan segera setelah bayi lahir. Dengan sering melakukan Tummy Time secara rutin, bayi akan memperkuat otot leher, dada, bahu, dan lengan mereka. Selain itu, Tummy Time juga dapat membantu bayi belajar untuk mengangkat kepalanya, menjaga keseimbangan tubuh, berguling, serta merangkak. 

Tips Tummy Time!

Mulai Secara Perlahan

Tips Tummy Time pertama adalah untuk mulai melakukannya dengan sesi singkat, terutama untuk bayi baru lahir atau bayi yang di bawah usia 1 bulan. Moms & Dads disarankan untuk mulai dengan membiarkan bayi tengkurap selama 1 hingga 3 menit, dan lakukan ini sekitar 2 hingga 3 kali dalam sehari. Ketika bayi berusia 2 hingga 4 bulan, parents dapat memperpanjang durasi Tummy Time menjadi 45 menit hingga 1 jam. Lalu, ketika bayi berusia 4 hingga 6 bulan, perpanjang lagi durasi Tummy Time menjadi 1 hingga 2 jam.

Pancing Perhatian Anak dengan Mainan

Tips Tummy Time berikut adalah untuk meletakkan mainan di depan bayi untuk menarik perhatiannya selama ia tengkurap. Mainan yang berwarna-warni atau yang dapat bergerak dapat memicu rasa ingin tahu bayi, sehingga mendorongnya untuk mengangkat kepalanya secara sendiri. Tidak hanya itu, memancing perhatian anak dengan mainan selama Tummy Time juga dapat membantu membuat aktivitas Tummy Time merasa lebih menyenangkan untuk ‘si Kecil’.

Cara Tummy Time

Baca Juga: Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Toilet Training Anak!

Waktu Ideal

Jika anak sering rewel atau menolak Tummy Time, maka ini bisa jadi karena Moms & Dads tidak memilih waktu yang tepat untuk aktivitas tersebut. Waktu yang ideal untuk melakukan Tummy Time adalah setelah bayi bangun dari tidur siang. Hindari melakukan tummy time setelah anak baru selesai makan atau menyusu karena ini dapat menyebabkan ‘si Kecil’ merasa tidak nyaman, serta munta. 

Menjaga Keamanan Bayi

Pastikan untuk selalu mengawasi anak ketika ia sedang Tummy Time agar ia tetap aman. Jika perlu, Moms & Dads juga dapat letakkan bantal di sekitar atau di bawah dada bayi agar ia merasa lebih nyaman. Kami juga sarankan parents untuk menempatkan ‘si Kecil’ di permukaan yang aman dan datar untuk menghindari risiko bayi jatuh atau cedera. 

Itulah tips tummy time untuk bayi yang perlu parents ketahui! Ingat bahwa tummy time merupakan aktivitas yang esensial bagi perkembangan bayi, jadi kami sarankan untuk melakukannya secara rutin ya, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri