• May 27, 2024

Wajib Tahu! Penyebab Kepala Peyang Pada Bayi Serta Cara Mengatasinya

 Wajib Tahu! Penyebab Kepala Peyang Pada Bayi Serta Cara Mengatasinya

Wajib Tahu! Penyebab Kepala Peyang Pada Bayi Serta Cara Mengatasinya

Bayi yang baru lahir memiliki tulang tengkorak yang masih sangat lunak. Karena ini, tekanan pada kepala bayi dapat menyebabkannya mudah berubah bentuk. Ini dapat menyebabkan beberapa bayi baru lahir untuk mengalami perubahan bentuk kepala yang seharusnya bulat menjadi datar, atau sering disebut sebagai kepala peyang. 

Yuk, Parents! Kenali beberapa penyebab kepala peyang pada bayi serta tips cara mengatasinya!

Penyebab Kepala Peyang pada Bayi

Tidur Telentang Terlalu Lama: Salah satu penyebab utama adalah karena bayi tidur dengan posisi yang sama terus-menerus. Tekanan yang dialami dari berbaring dalam posisi telentang selama berjam-jam dapat menyebabkan bagian belakang kepala bayi menjadi datar atau peyang.

Otot Leher Tegang: Otot leher yang belum terlalu kuat atau terlalu tegang juga dapat menyebabkan kepala bayi menjadi peyang. Ini karena otot leher yang tegang dapat membuat bayi lebih sering tidur dengan satu posisi kepala, sehingga menyebabkan satu sisi kepalanya lebih sering mendapatkan tekanan dibandingkan sisi lainnya.

Tekanan di dalam Rahim: Beberapa bayi mungkin memiliki kepala peyang akibat tekanan pada kepalanya saat masih di rahim. Selain itu, para ahli termasuk National Childhood Trust ungkap kalau proses melahirkan juga dapat menyebabkan tekanan pada kepala bayi, sehingga terlihat memanjang dan peyang untuk sementara waktu.

Kepala Peyang Pada Bayi

Baca Juga: 3 Teknik Pijat Bayi Untuk Mengatasi Perut Kembung Si Kecil!

Tips Mengatasi Kepala Peyang pada Bayi

  • Sering variasikan posisi tidur anak
  • Ketika menggendong anak, variasikan cara menggendongnya
  • Perbanyak waktu tummy time bayi untuk mengurangi tekanan pada bagian belakang kepala
  • Memakaikan bayi ikat kepala atau helm khusus untuk bayi dengan kepala peyang

Demikian, itulah penyebab kepala peyang pada bayi serta tips cara mengatasinya. Penting untuk diingat bahwa kepala peyang biasanya dapat membaik dengan perawatan dan perhatian yang tepat. Karena itu, kami sarankan parents untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika merasa khawatir dengan bentuk kepala anak.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri