• May 28, 2024

Waspada! Ini 4 Tanda Obesitas Pada Bayi!

 Waspada! Ini 4 Tanda Obesitas Pada Bayi!

Waspada! Ini 4 Tanda Obesitas Pada Bayi!

Banyak orang tua akan tentunya senang melihat anaknya tumbuh segar sehingga gemuk dan memiliki pipi chubby. Namun, penting untuk diingat bahwa tubuh bayi yang gemuk tidak selalu sehat.

Parents harus waspadai tanda-tanda bahwa bayi tidak hanya gemuk tapi obesitas. Obesitas pada bayi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan anak. Karena itu, berikut ini adalah 4 tanda obesitas pada bayi yang perlu parents waspadai!

Banyak Lipatan Pada Tubuh

Salah satu tanda obesitas pada bayi adalah banyaknya lipatan pada beberapa bagian tubuh anak seperti bagian pinggang, paha, perut, pipi, serta leher. Pada umumnya, bayi yang sehat juga memiliki beberapa lipatan pada area tersebut. Namun, jika lipatan tersebut terlihat sangat tebal dan lebih banyak daripada normal, itu bisa menjadi salah satu tanda obesitas. Bayi yang obesitas juga akan sering mengalami kesulitan untuk bergerak karena lipatan berlebihan pada tubuhnya.

Bayi Cepat Lelah

Bayi yang mengalami obesitas cenderung cepat lelah dan akan lebih malas bergerak dibandingkan bayi lain seusianya. Hal ini disebabkan oleh beban ekstra pada tubuh mereka akibat berat badan yang berlebih. Karena sulitnya untuk bergerak, bayi dengan obesitas juga akan mengalami perkembangan motorik yang lebih lambat dibandingkan bayi normal.

Tanda Obesitas Pada Bayi

Baca Juga: 4 Ide Resep MPASI 12 Bulan Yang Lezat Dan Sederhana!

Berat Badan Bayi Bertambah Sangat Cepat

Salah satu indikator obesitas pada bayi adalah kenaikan berat badan yang sangat cepat. Jika ‘si Kecil’ mengalami peningkatan berat badan yang signifikan dalam waktu singkat, melebihi rentang pertumbuhan normal, itu bisa menjadi tanda obesitas pada bayi. Karena itu, kami sarankan Mom & Dad untuk sering memantau grafik pertumbuhan bayi normal untuk cek jika peningkatan berat badan anak tergolong normal.

Kualitas Tidur Menurun

Obesitas pada bayi dapat mempengaruhi kualitas tidur mereka. Bayi dengan obesitas cenderung mengalami masalah tidur, seperti sering terbangun di malam hari dan sulit tidur nyenyak. Hal ini terjadi karena ketidaknyamanan yang dirasakan anak atau masalah pernapasan yang dialaminya akibat berat badan yang berlebih.

Demikian, itulah 4 tanda obesitas pada bayi. Jika Mom & Dad khawatir bahwa ‘si Kecil’ mungkin tergolong sebagai bayi dengan obesitas, kami sarankan parents untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri