• May 28, 2024

Waspada! Ini 5 Tanda Bayi Sakit!

 Waspada! Ini 5 Tanda Bayi Sakit!

Waspada! Ini 5 Tanda Bayi Sakit!

Parents pasti ingin untuk ‘si Kecil’ selalu sehat supaya dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal. Namun, bayi tidak dapat mengomunikasikan dengan jelas apa yang sedang dia rasakan. Ini seringkali membuat parents mungkin merasa kebingungan ketika anak sakit.

Karena itu, penting sekali untuk parents kenali tanda bayi sakit. Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah 5 gejala yang perlu diwaspadai sebagai tanda penyakit serius pada bayi.

Demam Tinggi

Pada umumnya, demam pada bayi tidak begitu bahaya. Demam menandakan bahwa sistem imun bayi sedang bekerja dengan baik melawan infeksi. Namun, parents perlu waspadai demam tinggi yang mencapai 38°C, khususnya untuk bayi berusia di bawah tiga bulan. Bagi bayi berusia 3 hingga 6 bulan, parents perlu waspadai jika suhu badannya lebih dari 39°C. Salah satu pertanda bayi sedang sakit adalah jika kaki dan tangannya terasa dingin, ataupun badannya menggigil walaupun sedang mengalami demam.

Sesak Napas

Salah satu tanda bayi sakit adalah jika ia mengalami kesulitan bernapas, seperti sesak napas, atau napas terengah-engah. Ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk pilek ataupun infeksi paru-paru. Karena itu, jika Moms & Dads melihat anak mengalami kesulitan untuk bernapas, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Tanda Bayi Sakit

Baca Juga: Waspada! Ini 4 Tanda Obesitas Pada Bayi!

Dehidrasi

Bayi dapat mengalami dehidrasi jika kehilangan terlalu banyak cairan. Ini seringkali terjadi jika anak sering muntah atau diare. Beberapa gejala dehidrasi pada bayi termasuk bibir dan mulut yang tampak kering, kulit pucat, menangis tanpa air mata dan air seni berwarna kuning gelap. Dehidrasi dapat meningkatkan risiko komplikasi lain pada tubuh bayi, jadi kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ya, parents! 

Nafsu Menyusu Menurun

Jika ‘si Kecil’ tiba-tiba kehilangan nafsu makan atau menolak menyusui, itu bisa menjadi tanda besar bahwa mereka sedang sakit. Bayi yang sakit mungkin menjadi rewel saat waktunya menyusu, dan akan mengonsumsi jauh lebih sedikit ASI daripada biasanya. Namun, penting sekali untuk tubuh bayi menerima cukup ASI dan nutrisi agar tetap kuat melawan infeksi atau penyakit lainnya. Jadi, parents perlu pastikan anak tetap cukup menyusu.

Menangis Terus-Menerus

Menangis adalah cara bayi berkomunikasi dengan Mom & Dad. Jika anak menangis terus-menerus tanpa adanya penyebab yang jelas, ini bisa jadi tanda anak merasa ketidaknyamanan atau sakit. 

Demikian, itulah 5 tanda bayi sakit yang perlu diwaspadai parents. Jika anak Mom & Dad mengalami gejala-gejala tersebut, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk segera mengatasinya.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri