• May 27, 2024

Waspada! Ini Alasan Bayi Tidak Boleh Tidur Tengkurap!

 Waspada! Ini Alasan Bayi Tidak Boleh Tidur Tengkurap!

Waspada! Ini Alasan Bayi Tidak Boleh Tidur Tengkurap!

Tidur merupakan waktu yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun, penting untuk parents ketahui bahwa bayi tidak boleh ditidurkan di posisi sembarangan!

Banyak ahli menyarankan untuk hindari membiarkan bayi tidur tengkurap karena dapat berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berbahaya. Yuk parents, Simak alasan bayi tidak boleh tidur tengkurap di artikel ini!

Risiko Bayi Tidur Tengkurap

Suhu tubuh meningkat

Ketika bayi tidur dalam posisi tengkurap, ini dapat menghambat kemampuan tubuh untuk mengatur suhu tubuh sehingga mengganggu pembuangan panas tubuh dan menyebabkan peningkatan suhu tubuh ‘si Kecil’. Ini dapat meningkatkan risiko bayi mengalami demam atau dehidrasi, dan akan membuat anak cenderung susah tidur dan rewel.

Nafasnya tersumbat

Salah satu alasan bayi tidak boleh tidur tengkurap adalah karena posisi ini dapat menyebabkan perut, wajah, dan dada bayi tertekan ke bawah. Sehingga menghalangi saluran napasnya dan menyebabkan bayi kesulitan bernapas saat tidur. 

Kurang mendapat asupan oksigen

Tidur dalam posisi tengkurap tidak hanya dapat membuat bayi kesulitan bernapas, tapi juga dapat menyebabkan bayi kurang mendapatkan asupan oksigen dan menghirup karbondioksida dengan jumlah banyak. Ini dapat mengganggu metabolisme tubuh ‘si Kecil’.

Sudden Infant Death Syndrome (SIDS)

Terakhir, beberapa penelitian telah menemukan bahwa tidur tengkurap dapat meningkatkan risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS), atau sindrom kematian bayi mendadak. Risikonya 13% lebih tinggi dibandingkan bayi yang tidur dalam posisi terlentang.

Bayi Tidak Boleh Tidur Tengkurap

Baca Juga: 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Di Bawah 1 Tahun!

Usia Berapa Bayi Bisa Tidur Tengkurap

Para ahli merekomendasikan bayi untuk tidur dalam posisi terlentang hingga anak mulai dapat membalikkan tubuhnya secara sendiri. Kemampuan ini biasanya terjadi setelah bayi menginjak usia 6 bulan. Meski demikian, beberapa ahli masih menyarankan parents untuk tidak membiarkan anak tidur dalam posisi tengkurap sampai mereka berusia 12 bulan. Di bawah usia ini, jika anak berguling dalam tidurnya sehingga tengkurap, Moms & Dads disarankan untuk mengubah posisi anak supaya kembali tidur dalam posisi terlentang.

Demikian, itu semua informasi seputar alasan bayi tidak boleh tidur tengkurap! Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri